PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MOBILE GAME MAKANAN SEHAT BERBASIS EDUTAIMENT DI SD/MI

NAFA, INDAH BUDI LESTARI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MOBILE GAME MAKANAN SEHAT BERBASIS EDUTAIMENT DI SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB 1,BAB 2 DAPUS  NAFA INDAH BUDI LESTARI.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NAFA INDAH BUDI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MOBILE GAME MAKANAN SEHAT BERBASIS EDUTAIMENT DI SD/MI Oleh NAFA INDAH BUDI LESTARI Media pembelajaran merupakan suatu alat yang digunakan sebagai perantara untuk menyalurkan informasi sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian peserta didik sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran terjadi. Keberadaan media pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa mobile game makanan sehat berbasis edutaiment di SD/MI dan juga bertujuan untuk menguji kelayakan dari media yang dikembangkan dengan hasil penilaian dari ahli bahasa, ahli media dan ahli materi serta respon pendidik dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil Penelitian yang diperoleh antaralain: (1) Hasil utama dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran mobile game makanan sehat berbasis edutaiment. (2) Hasil penilaian uji kelayakan ahli, praktisi pendidikan dan peserta didik ahli bahasa dengan persentase rata-rata 85,80%, ahli media mencapai skor rata-rata 95,45% dan ahli materi mencapai skor rata-rata 91,70% , respon pendidik mencapai skor rata-rata 91,33%, respon peserta didik skala kecil memperoleh nilai rata-rata 87,86% dan respon peserta didik skala besar mencapai nilai rata-rata sebesar 83,80%, dengan ini maka media pembelajaran mobile game makanan sehat berbasis edutaiment dikategorikan sangat layak. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mobile game, Edutaiment

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:47
Last Modified: 08 Jun 2021 08:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14457

Actions (login required)

View Item View Item