PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SHALAT PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-JAUHAROTTUN NAQIYYAH (MIAN) BANDAR LAMPUNG

Dwi, Putri Anugrah (2021) PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SHALAT PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-JAUHAROTTUN NAQIYYAH (MIAN) BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB 1,BAB 2 ,DAPUS  DWI PUTRI ANUGRAH.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DWI PUTRI ANUGRAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat Peserta didik di MIAN Kota Baru Bandar Lampung TP 2020/2021. Melatar belakangi dari pemahaman mata pelajaran fiqih terhadap pelaksanaan ibadah shalat peserta didik di MIAN Kota Baru Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman peserta didik dalam pelaksanaan ibadah sholat pada mata pelajaran Fiqih di MIAN Kota Baru Bandar Lampung. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif, untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi dari beberapa teknik, diantaranya wawancara,observasi dan dokumentasi. Adapun sumber datanya adalah pendidik Fiqih dan peserta didik di MIAN Kota Baru Bandar Lampung. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik data reduksi (reduction data), penyajian data (display), penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman mata pelajaran fiiqih terhadap pelaksanaan ibadah sholat dangat berpengaruh untuk meningkatkan kesadaran peserta didik akan pentingnya kewajiban sholat terhadap pelaksanaan dalam kehidupan sehari hari peserta didik. Dalam menumbuhkan kesadaran peserta didik dalam melaksanakan ibadah sholat dari pihak sekolah juga menerapakan sholat dhuhur berjamaah dimana dengan tujuanagar peserta didik terbiasa melakukan solat ketika dirumah. Peran pendidik juga sangat penting guna membimbing serta memotivasi peserta didik agar melaksanakan sholat lima waktu. Kata Kunci: Ibadah Sholat, Pelajaran Fiqih, Pemahaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:43
Last Modified: 08 Jun 2021 08:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14456

Actions (login required)

View Item View Item