PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

KIKI, AMBAR SARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi full_Kikiambarsari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus_Kikiambarsari.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ketidaktuntasan peserta didik ketika mempelajari matematika menunjukkan kemampuan representasi matematis peserta5didik masih5rendah yang5disebabkan beberapa faktor yang5mempengaruhinya, termasuk faktor pesertaBdidik itu sendiri, guru, lingkungan belajar danBdidugaBsaat menggunakan model yang kurang tepat, membuat pesertaJdidik kurang tertarikJdan kurang termotivasi saat melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran HLT (Hypothetical Learning Trajectory) terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari perbedaan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 3 Tumijajar Tulang Bawang Barat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan tes kemampuan representasi matematis dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji analisis menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji anava dua jalan dengan sel tak sama, diperoleh hasil bahwa dan Berdasarkan perhitungan analisis data pada tabel terlihat bahwa { }, sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran HLT dan model pembelajaran konvensional terhadap representasi matematis peserta didik. dan Berdasarkan perhitungan analisis data pada tabel terlihat bahwa { }, sehingga dapat disimpulkan bahwa diterima, artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau dari gender. dan Berdasarkan perhitungan analisis data pada tabel terlihat bahwa { }, sehingga dapat disimpulkan bahwa diterima, artinya tidak terdapat intaraksi antara model pembelajaran dan perbedaan gender terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik, pendidik harus berupaya agar peserta didik lebih termotivasi untuk belajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran HLT, Kemampuan Representasi Matematis Matematis, Gender.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:11
Last Modified: 08 Jun 2021 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14446

Actions (login required)

View Item View Item