PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA PADA PROGRAM TAHFIDZUL QURAN KELAS 4 DI SDIT PERMATA BUNDA III BANDAR LAMPUNG

AFIFAH, WAJIHAH (2021) PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA PADA PROGRAM TAHFIDZUL QURAN KELAS 4 DI SDIT PERMATA BUNDA III BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Metode Wafa adalah salah satu metode pembelajaran Al Qur’an dengan memaksimalan fungsi otak kanan, metode ini memiliki ciri khas yaitu membaca Al Qur’an dengan irama hijaz, pembelajaran dengan persamaan bunyi, dan pengelompokan suku kata, dan pada program tahfidz quran menggunakan gerakan sesuai dengan terjemahan ayat. SDIT Permata Bunda III Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah dasar yang unggul dalam bidang keagamaan dan pembinaan akhlak, juga dalam bidang tahfidzul quran. Penggunaan metode wafa di sekolah tersebut baru memasuki tahun ke 3. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimanakah penerapan metode Wafa dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa pada program tahfidzul Qur’an siswa kelas 4 di SDIT Permata Bunda III Bandar Lampung dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Wafa dalam Meningkatkan Hafalan Al�Quran Siswa pada Program Tahfidzul Qur’an siswa kelas 4 di SDIT Permata Bunda III. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan Teknik penyajian data berupa observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Adapun teknik prosedur analisis data yang digunakan ialah dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran Al-Qur’an dan Tahfidz SDIT Permata Bunda III Bandar Lampung menerapkan metode Wafa dengan menggunakan strategi TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan) yang dikemas kedalam 4 tahap (Pembukaan, Pengenalan, Pembelajaran, dan Penutup). Selain itu dalam aspek tilawah dan tahfidz, menggunakan irama hijaz dengan urutan tangga nada naik, sedang, rendah. Dengan penggunaan strategi dan konsep 4P serta dilihat dari data perolehan hafalan Al-Quran siswa maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode Wafa dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran siswa pada program tahfidzul Quran siswa kelas 4 di SDIT Permata Bunda III Bandar Lampung berjalan dengan sangat baik dan sangat efektif. Kata kunci : Metode Wafa, Tahfidzul Quran, SDIT Permata Bunda III Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:37
Last Modified: 07 Jun 2021 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14437

Actions (login required)

View Item View Item