IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAKHURROHMAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

RIZA, NURLAYLIA (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAKHURROHMAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of REVISI NEW 2.pdf] PDF
Download (987kB)
[thumbnail of REVISI NEW.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT IMPLEMENTATION OF LEARNING AQIDAH AKHLAK IN IMPROVING SPIRITUAL INTELLIGENCE STUDENTS IN MTS MIFTAKHURROHMAN TULANG BAWANG CENTRAL, TULANG BAWANG BARAT DISTRICT By Riza Nurlaylia Spiritual intelligence is a person's ability to give meaning to worship for every behavior and activity, through steps and thoughts that are natural. Preliminary research shows that MTs Miftakhurrohman has been accustomed to reading the Al-Qur'an, praying duha and praying the hajat congregation at school. The aim is to increase the sense of faith and devotion to Allah SWT, but the morals of the students are still weak, namely students often fight, skip school, scribble on walls, scold, watch pornographic films, and are late to school. The formulation of the research problem is how to: (1) Spiritual intelligence through planning akidah akhlak learning. (2) Spiritual intelligence through the implementation of learning akidah akhlak (3) Spiritual intelligence through the assessment of morals learning at MTs Miftakhurrohman Tulang Bawang Tengah. This research method is descriptive qualitative. Data sources consist of primary and secondary data. Data collection techniques are non-participant observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis, namely data collection, data reduction, data presentation, conclusion and verification. And the data validity test is the triangulation of sources and techniques. The results of this study indicate that first, spiritual intelligence through planning for akidah akhlak learning at MTs Miftkhurrohman is integrated into basic competencies and competency attainment indicators, learning objectives, learning materials, learning methods, and learning activities designed in RPP containing spiritual values. Second, spiritual intelligence through the implementation of akidah akhlak learning at MTs Miftakhurrohman is integrated into preliminary activities, core activities, and closing activities that contain spiritual values in it. However, in increasing spiritual intelligence through the implementation of akidah akhlak learning, it is still weak due to the lack of cultivation of exemplary methods from the teacher. Third, spiritual intelligence through the assessment of morals learning at MTs Miftakhurrohman is integrated into authentic assessments, namely the realm of attitude, knowledge, and skills which contain spiritual values in it. Keywords: Learning, Aqidah Akhlak, and Spiritual Intelligence. iiiABSTRAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAKHURROHMAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT Oleh Riza Nurlaylia Kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang dalam memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah. Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa MTs Miftakhurrohman telah terbiasa melakukan kegiatan membaca Al-Qur’an, shalat duha dan shalat hajat berjamaah disekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT namun akhlak siswa masih tidak seperti yang diharapkan yaitu siswa sering berkelahi, membolos sekolah, mencoret-coret dinding, memalak, menonton film porno, dan terlambat masuk sekolah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana: (1) Kecerdasan spiritual melalui perencanaan pembelajaran akidah akhlak. (2) Kecerdasan spiritual melalui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak (3) Kecerdasan spiritual melalui penilaian pembelajaran akidah akhlak di MTs Miftakhurrohman Tulang Bawang Tengah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis yaitu data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Dan uji keabsahan data adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, kecerdasan spiritual melalui perencanaan pembelajaran akidah akhlak di MTs Miftkhurrohman diintegrasikan ke dalam kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran yang didesain pada RPP memuat nilai-nilai spiritual. Kedua, kecerdasan spiritual melalui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MTs Miftakhurrohman diintegrasikan ke dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang memuat nilai-nilai spiritual didalamnya. Namun dalam kecerdasan spiritual melalui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak masih belum sesuai yang diharapkan karena kurangnya penanaman metode keteladanan dari guru. Ketiga, kecerdasan spiritual melalui penilaian pembelajaran akidah akhlak di MTs Miftakhurrohman diintegrasikan pada penilaian autentik yaitu ranah sikap (attitude), ranah pengetahuan (knowledge), dan ranah keterampilan (skill) memuat nilai-nilai spiritual didalamnya. Kata Kunci : Pembelajaran, Aqidah Akhlak, dan Kecerdasan Spiritual. ivRINGKASAN Kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang dalam memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah. Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa MTs Miftakhurrohman telah terbiasa melakukan kegiatan membaca Al-Qur’an, shalat duha dan shalat hajat berjamaah disekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT namun akhlak siswa masih tidak seperti yang diharapkan yaitu siswa sering berkelahi, membolos sekolah, mencoret-coret dinding, memalak, menonton film porno, dan terlambat masuk sekolah. Dan teori utama yang diacu dalam penelitian ini adalah deskripsi konseptual kecerdasan spiritual, pembelajaran aqidah akhlak, dan pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana: (1) Kecerdasan spiritual melalui perencanaan pembelajaran akidah akhlak. (2) Kecerdasan spiritual melalui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak (3) Kecerdasan spiritual melalui penilaian pembelajaran akidah akhlak di MTs Miftakhurrohman Tulang Bawang Tengah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Dan uji keabsahan data adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, kecerdasan spiritual melalui perencanaan pembelajaran akidah akhlak di MTs Miftkhurrohman diintegrasikan ke dalam kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran yang didesain pada RPP memuat nilai-nilai spiritual. Kedua, kecerdasan spiritual melalui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MTs Miftakhurrohman diintegrasikan ke dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, vdan kegiatan penutup yang memuat nilai-nilai spiritual didalamnya. Namun dalam kecerdasan spiritual melalui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak masih belum sesuai yang diharapkan karena kurangnya penanaman metode keteladanan dari guru. Ketiga, kecerdasan spiritual melalui penilaian pembelajaran akidah akhlak di MTs Miftakhurrohman diintegrasikan pada penilaian autentik yaitu ranah sikap (attitude), ranah pengetahuan (knowledge), dan ranah keterampilan (skill) memuat nilai-nilai spiritual didalamnya. Rekomendasi terhadap penelitian ini adalah guru sebagai pelaksana pengembang kurikulum harus maksimal menanamkan dan mengintegrasikan nilai- nilai spiritual yang didesain dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk ditanamkan pada pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak agar nilai-nilai spiritual tersebut terbentuk menjadi karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:07
Last Modified: 04 Jun 2021 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14433

Actions (login required)

View Item View Item