ANALISIS PENGARUH LOCAL TAXES REVENUE, CONSUMER PRICE INDEX DAN GINI RATIO TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PERIODE 2015-2019 PERSPEKTIF MAQASYID SYARIAH

ARFIAN, NUR WAHID (2021) ANALISIS PENGARUH LOCAL TAXES REVENUE, CONSUMER PRICE INDEX DAN GINI RATIO TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PERIODE 2015-2019 PERSPEKTIF MAQASYID SYARIAH. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENGARUH LOCAL TAXES REVENUE, CONSUMER PRICE INDEX DAN GINI RATIO TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PERIODE 2015-2019 PERSPEKTIF MAQASYID SYARIAH Oleh ARFIAN NUR WAHID Sistem perpajakan yang baik dapat memungkinkan terlaksananya stabilitas ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Disisi lain bahwa pertumbuhan ekonomi akan terjadi ketika semua sektor mempunyai kontribusi terhadap negara untuk bersama-sama menggerakkan ekonomi sehingga mampu tumbuh dan berkembang. Dalam penelitian ini digunakan variable independent yaitu local taxes revenue, consumer price index dan gini ratio sebagai stimulus penggerak perekonomian. Sedangkan pertumbuhan ekonomi perspektif maqasyid syariah digunakan sebagai variable dependen untuk melihat hasil stimulasi perekonomian yang digunakan. Variabel-variabel tersebut digunakan dalam penelitian tesis ini untuk mendapatkan hasil yang empiris terkait pertumbuhan ekonomi berbasiskan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh local taxes revenue, consumer price index dan gini ratio terhadap pertumbuhan ekonomi perspektif maqasyid syariah periode 2015-2019. Populasi dari penelitian iniadalah seluruh provinsi yang ada di Indonesia yaitu 34 pada kurun waktu 2015- 2019. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui laporan tahunan yang terpublikasi dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan Program E-Views. Hasil penelitian ini adalah: (1) local taxes revenue tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi perspektif maqasyid Syariah periode 2015-2019. (2) consumer price index tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi perspektif maqasyid Syariah periode 2015-2019. (3) gini ratio tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi perspektif maqasyid Syariah periode 2015-2019. (4) local taxes revenue, consumer price index dan gini ratio secara simultan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi perspektif maqasyid Syariah periode 2015-2019. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel local taxes revenue, consumer price index dan gini ratio tidak dapat dijadikan pertimbangan dalam penentuan pertumbuhan perekonomian suatu masyrakat dalam perspektif islam. Perspektif ekonomi Islam memandang bahwa dalam pertumbuhan ekonomi yang sesuai dengan maqasyid syariah dapat tercapai bilamana seluruh elemen masyarakat dapat bersama-sama dengan struktur negara bekerjasama untuk menciptakan kesejahteraan bersama, yaitu dengan saling memberikan hak dan kewajibannya masing-masing sehingga akan mudah untuk mencapai kemakmuran yaitu Falah dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:22
Last Modified: 04 Jun 2021 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14430

Actions (login required)

View Item View Item