MENINGKATKAN AKTIVITAS SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERKEBUN

SONNIA, Soni (2021) MENINGKATKAN AKTIVITAS SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERKEBUN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SONNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas sains anak usia dini melalui metode berkebun di TK Negeri 2 Bandar Lampung. Aktivitas sains dalam penelitian meliputi observasi (mengamati), klasifikasi (mengelompokkan), prediksi (meramalkan), dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan wali kelas dan anak umur 5-6 tahun di kelas B2 sejumlah 12 anak yang meliputi 7 anak laki- laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan tersebut selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kondisi awal aktivitas sains anak menunjukkan sainsnya masih rendah yaitu kriteria BB jumlah siswa 6 dengan hasil 50%, kriteria MB jumlah siswa 4 dengan hasil 33%, kriteria BSH jumlah siswa 2 dengan hasil 17%, dan kriteria BSB jumlah siswa 0 dengan hasil 0%. Hasil penelitian kondisi setelah pelaksanaan meningkatkan aktivitas sains anak usia dini melalui metode berkebun di TK Negeri 2 Bandar Lampung termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Hal ini terlihat dari hasil penilaian terhadap aktivitas sains anak dalam mengobservasi (mengamati), mengklasifikasi (mengelompokkan), memprediksi (meramalkan), dan mengkomunikasikan. Kriteria SK (Sangat Kurang) jumlah siswa 0 dengan hasil 0%, kriteria K (Kurang) jumlah siswa 1 dengan hasi 8%, kriteria C (Cukup) jumlah siswa 2 dengan hasil 17%, kriteria B (Baik) jumlah siswa 3 dengan hasil 25%, kriteria SB jumlah siswa 6 dengan hasil 50%. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa metode berkebun mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan aktivitas sains di TK Negeri 2 Bandar Lampung. Berkebun juga memberikan kontribusi terhadap perkembangan fisik-motorik, bahasa, kognitif, sosial-emosi dan juga moral-keagamaan anak, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan berkebun mampu memberikan hasil positif terhadap berbagai aspek perkembangan anak secara terpadu. Kata Kunci: Aktivitas Sains, Anak Usia Dini, dan Berkebun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:09
Last Modified: 04 Jun 2021 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14427

Actions (login required)

View Item View Item