PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK EXTINCTION TERHADAP PENURUNAN PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Aniska, Dewi (2021) PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK EXTINCTION TERHADAP PENURUNAN PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi Aniska Dewi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kecurangan akademik adalah sebagai suatu tindakan tidak jujur atau tidak adil dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau kemudahan. Kecurangan dalam hal ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau kemudahan dengan cara melanggar aturan yakni tidak jujur dan tidak adil.Teknik extinction adalah sebuah teknik perilaku klasik yang didasarkan pada hukuman yang melibatkan menahan pemberian reinforcement guna mengurangi frekuensi perilaku tertentu. Kecurangan akademik dapat ditunjukkan antara lain: Menyontek ketika pengawas keluar ruangan, menggunakan catatan pada saat ujian, Menanyakan jawaban ketika ujian, menggunakan berbagai alasan palsu untuk memperpanjang pengumpulan tugas, mengizinkan orang lain menyontek/ menyalin jawabannya dan membantu orang lain untuk berlaku curang. Dapat dilihat dari permasalahan tersebut terdapat peserta didik kelas XI IPS 1 SMA YP Unila Bandar Lampung, sehingga perlu upaya untuk menurunkan perilaku kecurangan akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan konseling behavioral dengan teknik extinction untuk menurunkan perilaku kecurangan akademik pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA YP Unila Bandar Lampung. Peneliti ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 5 peserta didik yang memiliki perilaku kecurangan akademik dalam kategori tinggi dan sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan angket perilaku kecurangan akademik, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Dari hasil pretest didapatkan skor 373 dengan rata-rata 74,6. setelah mendapatkan treatment dengan teknik extinction peserta didik diberikan postest atau tes kembali dengan adanya penurunan perilaku kecurangan akademik yang berupa hasil postest 256 dengan rata-rata 51,2. Dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh dinyatakan jumlah Z hitung 2,023 < dari tabel 1,96 dan jumlah nilai signifikan 0,043 < 0,05. Selain itu dapat dilihat tabel statistic dibawah ini data pretest sebelum diberikan treatment dan posttest setelah dibelikan treatment. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik extinction dapat dijadikan salah satu cara untuk menurunkan kecurangan akademik peserta didik kelas XI IPS di SMA YP Unila Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:35
Last Modified: 04 Jun 2021 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14426

Actions (login required)

View Item View Item