OPTIMALISASI NILAI-NILAI KESADARAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 GISTING KABUPATEN TANGGAMUS

SISCA, AMI WULANDARI (2021) OPTIMALISASI NILAI-NILAI KESADARAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 GISTING KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP SISCA AMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK OPTIMALISASI NILAI-NILAI KESADARAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP N 1 GISTING KABUPATEN TANGGAMUS Oleh SISCA AMI WULANDARI Pendidikan memegang peranan penting yang menentukan eksistensi dan perkembangan masyarakat. Pendidikan Agama Islam didefinisikan sebagai suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran islam secara menyeluruh dan erat kaitannya dengan pendidikan karakter yang sangat mendukung terciptanya kesadaran sosial. Kesadaran sosial dapat diartikan sebagai kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat. Dengan pembelajaran pendidikan agama Islam diharapkan guru tidak hanya mengajarkan pengetahuan secara tekstual semata tetapi juga mengajarkan nilai-nilai sosial yang ada didalam pendidikan agama Islam itu sendiri sehingga siswa tidak hanya paham pemikiran tetapi juga paham dalam proses penerapannya didalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan hal tersebut penulis merumuskan masalah “Bagaimana optimalisasi nilai-nilai kesadaran sosial peserta didik dalam pembelajaran PAI pada masa pandemic covid-19 di SMP N 1 Gisting kab. Tanggamus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi nilai-nilai kesadaran sosial peserta didik dalam pembelajaran PAI pada masa covid-19 di SMP Negeri 1 Gisting. Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan reduksi data, Display data dan verifikasi. Data hasil penelitian akan diperiksa keabsahannya menggunakan triangulasi, member check, dan perpanjangan pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa optimalisasi nilai-nilai kesadaran sosial peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa covid-19 dilakukan melalui keteladanan pendidik sebagai panutan yang digugu dan ditiru dalam iii pembelajaran. Selain itu juga melalui metode pembiasaan dan praktik sadar sosial. Faktor yang turut mendukung adalah peran serta warga sekolah, adanya visi dan misi sekolah yang selaras untuk mengoptimalisasikan nilai kesadaran sosial, serta dukungan dan semangat dari orang tua peserta didik. Faktor penghambat kesadaran sosial dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi dalam penelitian ini yaitu terbatasnya waktu yang ada dalam pembelajaran PAI, sikap egosentris dan jaringan internet. Kata Kunci : Kesadaran Sosial, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:37
Last Modified: 03 Jun 2021 05:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14422

Actions (login required)

View Item View Item