PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS PESERTADIDIK KELAS IVMIN 9 BANDAR LAMPUNG

RESTI, PUTRI UTAMI (2021) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS PESERTADIDIK KELAS IVMIN 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RESTI PUTRI UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam usaha meningkatkan usaha kualitas pendidikan Indonesia, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus mampu menguasai dan melakukan proses belajar mengajar dalam kelas. Guru harus mampu mengkondisikan para siswa untuk belajar dengan menyenangkan dan tepat dalam menyampaikan pembelajaran. Jadi untuk membuat pelajaran yang aktif, guru harus mampu dan memiliki teknik khusus dalam mengajar. Maka, penulis melakukan penelitian kelas dengan menggunakan Students Faciliator and Explaining (SFAE) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran IPS di kelas IV MIN 9 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi pembelajaran di MIN 9 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, penelitian dan dokumentasi. Teknik analisis data penulis yaitu: reduksi data, penyajian, dan penulis menggunakan triangulasi sumber ditunjang dengan metode, kemudian menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitukelas IV MIN 9 Bandar Lampung. Dari hasil analisis data yang dilakukan. Maka penulis menyimpulkan bahwa siswa kelas IV MIN 9 Bandar Lampung mampu dalam menerima pembelajaran dan peneliti mendapatkan adanya peningkatan yang cukup signifikan dengan menggunakan teknik SFAE ini. Mengacu pada penelitian SFAE, maka implementasi dari pengaruh pembelajaran kelas IV MIN 9 Bandar Lampung tersebut semuanya terlaksana dengan baik. Kata Kunci :Students Faciliator and Explaining, Pemahaman Konsep Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:29
Last Modified: 03 Jun 2021 05:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14420

Actions (login required)

View Item View Item