PENGARUH METODE TILAWATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN AL-QUR’AN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TPA AL-KAUTSAR DESA PURWODADI KECAMATAN TRIMURJO

RUDI, ISWANTO (2021) PENGARUH METODE TILAWATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN AL-QUR’AN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TPA AL-KAUTSAR DESA PURWODADI KECAMATAN TRIMURJO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian di TPA Al-Kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo dilatar belakangi oleh pembelajaran metode tilawati telah dilaksanakan di TPA Al-Kausar sejak tahun 2018, Ketertarikan penulis terhadap metode tilawati di TPA Al-Kautsar Desa Purwodadi yang berdampak baik pada kemampuan membaca permulaan Al- Quran anak pada tahun 2018. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode tilawati berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan Al-Qur‟an anak usia 5-6 tahun di TPA Al- Kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo pada semester ganjil 2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tilawati terhadap kemampuan membaca permulaan Al-Qur‟an anak usia 5-6 tahun di TPA Al-Kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis ex post facto yaitu jenis penelitian yang variabel independenya merupakan peristiwa yang sudah terjadi. Subjek penelitian berjumlah 18 anak, metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dengan alat penilaian skala likert. Kemudian analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Tarap signifikansi yang ditetapkan adalah 0,05 (5%) dan perhitungan analisis data menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukan nilai metode tilawati terhadap kemampuan membaca permulaan Al-Qur‟an anak usia 5-6 tahun sebesar 11,618 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004, sehingga dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05(5%) Nilai sig.(2-tailed) lebih kecil dari 0,05(5%) ini artinya terdapat pengaruh variabel metode tilawati (X) terhadap kemampuan membaca permulaan Al- Qur‟an anak (Y) usia 5-6 tahun di TPA Al-Kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo. Kemudian nilai koefisien determinasi (KD) atau R square diketahui sebesar 0,421. Ini artinya besar pengaruh metode tilawati terhadap kemampuan membaca permulaan Al-Qur‟an anak umur 5-6 tahun sebesar 42,1% dan sisanya sebesar 57,9 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Permulaan Al- Qur‟an Anak Usia 5-6 Tahun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:27
Last Modified: 03 Jun 2021 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14414

Actions (login required)

View Item View Item