HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM SIDODADI KECAMATAN BANDAR SURABAYA LAMPUNG TENGAH

YUNITA, SARI (2021) HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM SIDODADI KECAMATAN BANDAR SURABAYA LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (704kB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YUNITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada awal kehidupan, perkembangan konsep diri pada anak sepenuhnya didasari oleh persepsi mengenai dirinya sendiri. Seiring dengan bertambahnya usia, persepsi tersebut mulai dipengaruhi oleh nilai-nilai hasil dari interaksinya dengan orang lain. Orang tua dikatakan sebagai pemeran utama dalam pembentukan konsep diri anak. Konsep diri yang negatif akan ditunjukkan dengan perilaku negatif, pengetahuan yang tidak tepat tentang diri, penghargaan yang tidak realistis, harga diri rendah, takut tidak berhasil dan pesimis. Disinilah peran orang bekerja dan bertanggung jawab mendidik, mendorong, sebagai panutan, teman dan pengawas anak. Hubungan antar manusia yang paling intens dan paling awal terjadi adalah hubungan dalam sebuah keluarga. Jika ada sifat positif dan negatif pada anak, sebenarnya itu ada pula pada orang tuanya. Hal inilah yang menjadi alasan penulis memilih judul Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Peserta Didik Di MTs Darussalam Sidodadi Kecamatan Bandar Surabaya Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif korelasional yang menggambarkan suatu pendekatan umum untuk peneliti berfokus pada penafsiran kovariasi diantara variabel-variabel yang muncul secara alami. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan program SPSS Statistics versi 21 for windows. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa keharmonisan keluarga peserta didik mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap konsep diri peserta didik. Diketahui nilai korelasi antara variabel X (Keharmonisan Keluarga) dengan variabel Y (Konsep Diri) (rxy) sebesar 0.433, yang artinya nilai korelasi bernilai positif (rxy > 0.05). Sedangkan nilai r2 diketahui sebesar 0.349, nilai tersebut menunjukan bahwa variabel X (Keharmonisan Keluarga) memiliki pengaruh sebesar 34.9% terhadap variabel Y (Konsep Diri). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan konsep diri pada peserta didik di MTs Darussalam Sidodadi Kecamatan Bandar Surabaya Lampung Tengah. Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:00
Last Modified: 02 Jun 2021 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14406

Actions (login required)

View Item View Item