PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

RIZQI, LOLITA SARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS _RIZQI_LOLITA_SARI (3).pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI_RIZQI_LOLITA_SARI (3).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR OLEH RIZQI LOLITA SARI Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik jarang menjadi perhatian sehingga secara umum masih tergolong rendah. Inovasi pembelajaran diperlukan untuk mendukung perkembangan berpikir kritis. Model ASSURE membuat pembelajaran menjadi terkendali dan mudah untuk memahami sifat peserta didik dalam belajar. Dalam prosesnya peserta didik dipermudah untuk menalar melalui media simulasi PhET. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ASSURE berbantuan media simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari gaya belajar. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model pembelajaran ASSURE berbantuan media simulasi PhET dan VIII B sebagai kelas kontrol yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini menggunakan bentuk faktorial 2 x 3. Analisis data yang digunakan adalah uji Two Way Anova dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji Two Way Anova dengan menggunakan SPPS diperoleh nilai sig. < 0,05 sehingga ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran ASSURE berbantuan media simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, selanjutnya nilai sig. Kedua < 0,05 sehingga ditolak yang artinya terdapat pengaruh gaya belajar terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis. Untuk nilai sig. Ketiga > 0,05 sehingga diterima yang artinya tidak terdapat interaksi gaya belajar terhadap model pembelajaran ASSURE berbantuan media simulasi PhET. Dikarenakan ditolak perlu dilakukan uji lanjut, Berdasarkan hasil uji lanjut menggunakan uji Scheffe dapat disimpulkan bahwa gaya belajar visual lebih baik dari pada gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik, selanjutnya gaya belajar auditorial lebih baik dari pada gaya belajar kinestetik. Kata Kunci : Model pembelajaran ASSURE, Gaya Belajar, Berpikir Kritis Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:10
Last Modified: 02 Jun 2021 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14392

Actions (login required)

View Item View Item