PENGARUH PENGGUNAAN METODE MODELLING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR

JULIA, AYU PRATAMA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MODELLING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FUUL SKRIPSI JULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang, kelompok, kelompok orang, dalam mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul dalam pembelajaran yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik, dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik atau metode yang digunakan kurang bervariasi. Di SMP Negeri 2 Sekampung Udik, hasil belajar Pendidikan agama islam masih terbilang rendah. Oleh sebab itu peneliti menggunakan metode modeling the way, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Modelling The Way terhadap hasil belajar pendidikan agama islam kelas VII di SMP Negeri 2 Sekampung Udik, Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksprimen dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif analisis data bersifat Statistik, design yang digunakan adalah non- equivalent control grup design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VII 2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk aspek hasil belajar kognitif dan non-tes berupa lembar observasi untuk ketrampilan dalam mendemonstrasikan sholat berjama‟ah. Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji independent sampel t- test dari hasil posttest kelas kontrol dengan nilai sebesar 62,00 sedangkan kelas eksperimen 72,00, memperoleh > dari ( 2.782 > 0,007 ) atau nilai Sig < α yaitu 0,007 < 0,05 dan presentase lembar observasi rata-rata kelas kontrol yang bisa mendemonstrasikan sholat berjama‟ah sebesar 47% dan kelas eksperimen sebesar 93%. Jadi dapat disimpulkan bahwa diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan metode Modelling The Way terhadap hasil belajar PAI kelas VII di SMP Negeri 2 Sekampung Udik. Kata kunci : Modelling The Way, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:57
Last Modified: 02 Jun 2021 05:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item