PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI INSTANT ASSESMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ABUNG PEKURUN

ITA, YURNITA (2021) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI INSTANT ASSESMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ABUNG PEKURUN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ITA YURNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran PAI Kelas XI di SMA N 1 Abung Pekurun, dikarenakan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik kurang bervariasi dan kreatif yang mengakibatkan peserta didik kurang tertarik dalam mendengarkan penjelasan pendidik, kurangnya konsentrasi peserta didik yang berakhir dengan hasil belajar dari peserta didik yang terbilang cukup rendah. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi strategi Instant Assesment terhadap hasil belajar peserta didik Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI di SMA N 1 Abung Pekurun. Strategi pembelajaran merupakan rancangan kegiatan dalam proses kegiatan belajar mengajar guna memberikan materi kepada peserta didik dengan cara yang unik agar mudah di pahami oleh peserta didik, adanya timbal balik, peserta didik tidak bosan, serta peserta didik dapat aktif dan kreatif. Dalam proses kegiatan belajar mengajar biasanya peserta didik akan meresa bosan , jenuh, mengantuk, tidak berkonsentrasi dan monoton. Oleh sebab itu perlunya strategi pembelajaran yang harus diterapkan dalam proses pembelajaran. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instant Assesment dan jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Instant Assesment dan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Strategi pembelajaran Instant Assesment memiliki arti pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang harus segera direspon atau dijawab oleh siswa sehingga dengan strategi ini kita bisa tahu tingkat pemahaman masing-masing siswa mengenai materi yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian dengan perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh harga thitung = 4.066 > = 0,000 dan nilai Sig (2-tailed) = 0,000. Karena Sig < α yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian ditolak dan diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan agama islam menggunakan strategi Instant Assesment lebih tinggi dari hasil belajar tanpa menggunakan strategi Instant Assesment.Artinya terdapat pengaruh penggunaan strategi Instant Assesment terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Abung Pekurun. Kata kunci: Instant Assesment, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:53
Last Modified: 02 Jun 2021 05:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14388

Actions (login required)

View Item View Item