IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENINGKATAN MENULIS KREATIF PADA SISWA

AYATTULLOH, Sartami (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENINGKATAN MENULIS KREATIF PADA SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYATTULLOH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan menulis kreatif siswa sangat diperlukan dalam memahami materi pembelajaran. Rendahnya kemampuan menulis kreatif siswa siswa kelas V SDN 17 Negeri Katon Pesawaran disebabkan karena pembelajaran konvensional, sehingga yang menyebabkan rendahnya kemampuan menulis kreatif Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran siswa. yang mengutamakan pada pengetahuan dan pengalaman atau dunia nyata, berpikir tingkat tinggi, berpusat pada siswa, siswa aktif, kritis, kreatif, memecahkan masalah, siswa belajar menyenangkan, mengasyikan, tidak membosankan, dan menggunakan berbagai sumber belajar. menulis kreatif adalah cara atau proses penyampaian ide, gagasan, atau pesan yang mengandung nilai tambah, keunikan, belum pernah ada sebelumnya dan merupakan karya asli oleh penulis kepada pembaca dalam bentuk karya tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis kreatif siswa kelas V SDN 17 Negeri Katon Pesawaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif. Tempat penelitian ini dilakukan di SDN 17 Negeri Katon Pesawaran dengan subjek penelitian siswa kelas V dengan menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan penenliti berupa tes, wawancara, dan dokumentas. Analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi data. Setelah dilakukan penelitiian menggunakan pendekatan kontekstual ternyata kemampuan menulis kreatif yang dimiliki siswa dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan menulis kreatif siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkat dari pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Menulis Kreatif Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:36
Last Modified: 02 Jun 2021 05:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item View Item