PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

YUYUN, ANITA (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUYUN ANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku saku digital berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) yang layak dan menarik. Penelitian ini berupa Reseach and Depelovment (R&D) berdasarkan model ADDIE. Penilaian validasi ahli menunjukkan nilai yang valid diantaranya ahli media pertama nilai rata-rata sebesar 3,67, ahli media kedua nilai rata-rata sebesar 3,27, ahli materi pertama dan kedua nilai rata-rata sebesar 3.5, dan ahli materi ketiga nilai rata-rata sebesar 3,71. Pada uji coba skala kecil yang di ikuti oleh 10 siswa menunjukkan skor rata-rata 3,27 yang berarti media pembelajaran berupa buku saku digital berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) materi bilangan dan himpunan sangat menarik. Kemudian pada uji coba kelas besar yang diikuti 24 peseta didik diperoleh rata-rata 3,92, hal ini menunjukan bahwa buku saku digital berbasis STEM yang telah dikembangkan memiliki kriteria menarik untuk digunakan ketika proses pembelajaran. Uji efektivitas dari media pembelajaran buku saku digital tidak dapat terlaksana dikarenakan pandemi covid-19 akibatnya kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Adanya kebijakan tersebut mengakibatkan penelitian ini hanya terlaksana sampai pada tahap development atau pengembangan. Kata Kunci: Buku Saku Digital; Kemampuan Pemecahan Masalah; Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:24
Last Modified: 02 Jun 2021 05:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item