PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE) TERHADAP CREATIVE THINKING PESERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA BERBASIS KEISLAMAN

Ayu, Lestari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE) TERHADAP CREATIVE THINKING PESERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA BERBASIS KEISLAMAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF
Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE) TERHADAP CREATIVE THINKING PESERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA BERBASIS KEISLAMAN Oleh Ayu Lestari Sesuai tujuan pendidikan yang tercantum dalam PERMENDIKBUD nomor 24 tahun 2016, salah-satu kemampuan yang dituntut dari peserta didik adalah bagaimana cara berfikir kreatif atau creative thinking. Berdasarkan dengan pernyataan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Allah swt, maka dalam hal ini peneliti mengkaitkan materi dengan berbasis keislaman. Berdasarkan data hasil study pendahuluan yang dilakukan di SMPN 4 Bandar Lampung menunjukkan bahwa creative thinking peserta didik masih rendah. Rendahnya creative thinking peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kegiatan pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan persoalan tersebut maka peneliti menawarkan model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) dalam kegiatan pembelajaran Fisika berbasis keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran. ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Terhadap Creative Thinking Peserta Didik Pada Materi Fisika Berbasis Keislaman. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment Desain dengan jenis penelitian Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan jenis teknik Porposive Sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrument pada penelitian ini adalah instrument tes berupa soal essay untuk mengukur creative thinking peserta didik serta lembar observasi keterlaksanaan model ECIRR . Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggunakan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa, hasil creative thinking yang diperoleh pada tabel tersebut diperoleh bahwa nilai sig. (2-tailed) kurang dari batas kritis 0.05 yaitu (0.000<0.05), maka dapat diputuskan bahwa H1 diterima. Berdasarkan keputusan tersebut dapat diartikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Terhadap Creative Thinking peserta didik. Kata Kunci : Model Pembalajaran ECIRR, Creative Thinking, Berbasis Kesilaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2021 03:19
Last Modified: 28 May 2021 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14371

Actions (login required)

View Item View Item