TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM PENGAMBILAN UPAH GURU MENGAJAR MENGAJI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (Studi pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Nur Rohmah Kampung Teluk Jaya Panjang, Bandar Lampung)

PRISILIYA, PRISILIYA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM PENGAMBILAN UPAH GURU MENGAJAR MENGAJI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (Studi pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Nur Rohmah Kampung Teluk Jaya Panjang, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUSPUSAT BAB 1.2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di Kampung Teluk Jaya Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung merupakan salah satu tempat bermuamalah, salah satunya yaitu upah mengupah. Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nur Rohmah terdapat guru yang mengajarkan mengaji, guru mengajar mengaji tersebut menerima upah dari murid-murid yang belajar ilmu agama khususnya belajar membaca Al-Qur’an dan guru mengaji tersebut juga mendapatkan tunjangan dari Walikota yang diberikan atas dasar apresiasi dari pemerintah kepada guru yang mengajarkan mengaji. Murid yang mengaji di Taman Pendidikan Al�Qur’an diberikan kartu bayaran setiap awal bulan dan murid-murid yang mengaji memberikan bayaran mengaji perbulannya dalam praktiknya murid yang mengaji diberikan kartu bayaran dengan jumlah yang ditetapkan dibayarkan sebesar Rp. 20.000,- perbulannya, terdapat juga pembayaran uang kas sebesar Rp. 2.000,- perminggunya. Dua guru yang mengajar mengaji tersebut mengambil gaji sebesar Rp. 35.000,- setiap satu kali pertemuan dalam seminggu terhitung perbulannya untuk satu orang guru sebesar Rp. 140.000,-. Permasasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pengambilan upah guru mengajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Kampung Teluk Jaya Panjang dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang sistem pengaambilan upah kepada guru mengajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Kampung Teluk Jaya Panjang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengambilan upah guru mengajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Kampung Teluk Jaya Panjang dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam tentang sistem pengambilan upah kepada guru mengajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur;an Kampung Teluk Jaya Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, data primer diambil dari kasus di lapangan dengan data sekunder diambil dari buku yang berkenaan dengan masalah upah mengupah metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data populasi dan sampel diambil dari data lapangan, sedangkan analisa data menggunakan analisa data kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah sistem penetapan upah guru mengajar mengaji Taman Pendidikan Al-Qur’an Kampung Teluk Jaya Panjang, Bandar Lampung adalah adanya upah yang diambil dalam pembayaran upah guru mengajar mengaji sebesar Rp. 20.000,- dan dibayarkan setiap awal. Jika ditinjau dari hukum Islamnya tentang sistem pengambilan upah kepada guru mengajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an kampung teluk jaya panjang belum sesuai dengan hukum Islam, sebab terdapat dalil dan pendapat ulama yang tidak membolehkan, karena adanya upah dengan cara menetapkan jumlah nominalnya upah yang harus dibayarkan oleh murid yang belajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Kampung Teluk Jaya dan banyak masyarakat yang tidak setuju dengan adanya penetapan upah guru mengajar mengaji tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2021 03:30
Last Modified: 27 May 2021 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14364

Actions (login required)

View Item View Item