PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DI INTEGRASIKAN DENGAN NILAI RELIGI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG

Fitriyah, F (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DI INTEGRASIKAN DENGAN NILAI RELIGI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diketahui melalui nilai kognitif peserta didik disebabkan karena proses pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional yakni menggunakan pendekatan teacher center sehingga kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan kinerjanya sehingga peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based instruction di integrasikan dengan nilai religi terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 26 bandar lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan desain Nonequivalent control group design dengan jenis pretest posttest. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dari teknik tersebut didapat kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Instruction diintegrasikan dengan nilai religi dan VII I sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model diskusi kelas dengan penilaian tes. Berdasarkan hasil analisis nilai ketercapaian untuk setiap indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu : pada indikator Berpikir Lancar (Fluency) adalah 84%, indikator Berpikir Luwes (Flexibility) diperoleh 79%, indikator Berpikir orisinil (Originality) diperoleh 84 %, indikator Berpikir rinci (Elaboration) diperoleh 72 %. Uji Hipotesis yang dipakai pada penelitian ini adalah uji t independent. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk uji t independent diperoleh hasil sig (2-tailed) <0,05 yaitu 0,01 ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini berarti bahwa model Problem Based Instruction di integrasikan dengan nilai religi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 26 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 26 Sep 2017 06:30
Last Modified: 26 Sep 2017 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1435

Actions (login required)

View Item View Item