PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METODE LABORATORIUM TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X MA MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO

WAHINDUN, DEWI AYU PUSPITA NINGRUM (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METODE LABORATORIUM TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X MA MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METODE LABORATORIUM TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X MA MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO Oleh WAHINDUN DEWI AYU PUSPITA NINGRUM Metakognitif adalah proses bahwa dimana seseorang berpikir dalam rangka membangun strategi untuk memecahkan masalah. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang memiliki kemampuan metakognitif rendah. Beberapa permasalahan dalam pra-penelitian adalah Pendidik masih menggunakan model pembelajaran berbasis ceramah atau konvensional, Pembelajaran biologi di kelas belum mampu mengembangkan kemampuan metakognitif peserta didik, Proses pembelajaran yang selama ini dilakukan lebih berpusat pada pendidik dan peserta didik kurang diikutsertakan dalam partisipasi proses pembelajaran, Pembelajaran hanya dilakukan dengan belajar teori dan hampir secara penuh dilakukan di dalam kelas secara oral aktivities saja, Penggunaan dengan metode belajar eksperimen di laboratorium dan lapangan jarang dilakukan padahal sekolah mempunyai sarana dan prasarana yang mendukung, Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy eksperimental design dengan metode kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan uj-t. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di MA Mamba’Ul Ulum dan sampel merupakan siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Perhitungan data dianalisis menggunakan statistika inferensial dengan bantuan spss. Berdasarkan hasil penelitian diperolehSig= 0.003 ini berarti pada taraf signifikan α = 0.05 H1 diterima atau H0 ditolak. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan kemampuan metakognitif baik melalui model pembelajaran problem based learning.. Kata Kunci : Problem Based Learning, Metode Laboratorium, dan Kemampuan Metakognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2021 03:16
Last Modified: 24 May 2021 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14343

Actions (login required)

View Item View Item