PEGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT 2016 PADA KELAS IV SD/MI

RIRIN, DESMAYANTI (2021) PEGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT 2016 PADA KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL RIRIN DESMAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT 2016 PADA KELAS IV DI SD/MI Oleh RIRIN DESMAYANTI 1611100044 Di era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi terutama informasi, pengaruhnya sangat besar dalam dunia pendidikan. Pada abad ke-21 kini kecenderungan perubahan dalam dunia pendidikan akan terus berkembang. Perubahan yang dirasakan antara lain: mudahnya dalam mencari sumber belajar, lebih banyak pilihan untuk menggunakan dan memanfaatkan ICT, serta makin meningkatkanya peranan media dan multimedia dalam kegiatan pembelajaran. dari permasalahan yang ada maka dikembangkan multimedia interaktif ini betujuan untuk (1) menghasilkan produk Microsoft powerpoint 2016 pada kelas IV di SD/MI, (2) mengetahui kelayakan Microsoft powerpoint 2016 pada kelas IV di SD/MI, (3) mengetahui respon peserta didik dan pendidik terhadap produk yang dihasilkan berupa Microsoft powerpoint 2016 pada kelas IV di SD/MI. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap tahap penyebaran (disseminate). Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan terhadap multimedia yang dikembangkan. Validasi diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Respon peserta didik dan pendidik diperoleh dengan metode pengumpulan data berupa angket. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat layak, dan ahli media diperoleh rata-rata sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata persentase sebesar 81% dengan kategori sangat layak, dan uji coba kelompok besar sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Sehingga multimedia interaktif berbantuan Microsoft powerpoint 2016 pada kelas IV di SD/MI layak dan dapat digunakan sebagai salah satu media belajar. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Microsoft Powerpoint

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2021 03:05
Last Modified: 24 May 2021 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14338

Actions (login required)

View Item View Item