PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MENGGUNAKAN BAHAN AJAR STEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIS

RATNA, WATI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MENGGUNAKAN BAHAN AJAR STEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Ratna Wati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Bahan Ajar STEM Terhadap Penguasaan Konsep Matematis Oleh: Ratna Wati 1611050411 Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya penguasaan konsep matematis peserta didik khususnya pada materi himpunan, hal tersebut dipengaruhi oleh penggunaaan model pembelajaran yang kurang tepat, melihat permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran cooperative script. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM terhadap penguasaan konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung, teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampel acak kelas, sehingga kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 menerapkan model cooperative script, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 menerapkan model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM dan kelas VII A sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Anova dan uji komparasi ganda menggunakan uji scheffe’. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Anova diperoleh nilai = berarti ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM terhadap penguasaan konsep matematis peserta didik. Pengujian dilanjutkan dengan uji scheffe’ dengan penerimaan untuk serta penolakan untuk . Berdasarkan hasil pengujian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM memberikan kemampuan penguasaan konsep matematis yang lebih baik dibandingan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Pembelajaran Cooperative Script, Bahan Ajar STEM, Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2021 02:57
Last Modified: 24 May 2021 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14337

Actions (login required)

View Item View Item