PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPIRITUAL

SITI, WARDANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPIRITUAL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI    SITI  WARDANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of COVER,BAB1,2,DAPUS   SITI  WARDANI.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPIRITUAL Oleh: SITI WARDANI Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menyaring informasi yang didapat dengan cara mencari fakta kebenarannya. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kiritis peserta didik masih rendah hal ini karenakan model pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran matematika masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran The Learning Cell dengan tujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran The Learning Cell terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) apakah terdapat perbedaan pada peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) apakah terdapat interaksi antara proses pembelajaran dengan kecerdasan spiritual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design, populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Perintis 2 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak kelas yaitu kelas C sebagai kelas kontrol dan kelas E sebagai kelas eksperimen dengan model The Learning Cell. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf 5 %. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fa hitung = 96.7353 > F Tabel = 4,019 sehingga H0A ditolak, Fb = 3.41902 > F Tabel = 3,168 sehingga H0B ditolak, dan Fab hitung = 0.04834 < = > F Tabel = 3,168 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan uji anava sel tak sama diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh model pembelajaran The Learning Cell terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) ada pengaruh pada peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) tidak terdapat interaksi antara proses pembelajaran dengan kecerdasan spiritual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: The Learning Cell, Berpikir Kritis Peserta Didik, Kecerdasan Spiritual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2021 04:23
Last Modified: 21 May 2021 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14333

Actions (login required)

View Item View Item