PENGARUH MODEL PDEODE ( PREDICTION DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN )BERBANTU METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI I MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN

Dwi, Cahya Ningsih (2021) PENGARUH MODEL PDEODE ( PREDICTION DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN )BERBANTU METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI I MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi cahya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PREDICTION DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)BERBANTU METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MERBAU MATARAM Oleh Dwi Cahya Ningsih Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Prediction Discuss Explain Observe Discuss Explain (Pdeode)Berbantu Metode Student Created Case Studies Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII. Adapun sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kelas VIII B terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A terpilih sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa tes dan non tes. Setelah data tes objektif, dikumpulkan pengolahannya dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas,uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Uji hipotesis menggunakan uji t independen. Berdasarkan hasil analisis data yangdiperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung < ttabel dengan α = 0,05,dengan hasil diperoleh nilai uji posttestketerampilan proses sains 0,04< 0,05 dan uji nontes lembar observasi keterampilan proses sains 0,00 < 0,05. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Prediction Discuss Explain Observe Discuss Explain (Pdeode)Berbantu Metode Student Created Case Studies Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau Mataram. Kata kunci :Model Prediction Discuss Explain Observe Discuss Explain (Pdeode), Metode Student Created Case Studies, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2021 04:05
Last Modified: 21 May 2021 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14330

Actions (login required)

View Item View Item