PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKOSISTEM DI SD/MI KELAS V

Weli, Nivita (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKOSISTEM DI SD/MI KELAS V. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI Weli Nivita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER ,BAB 1,BAB2 ,DAPUS Weli Nivita.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKOSISTEM DI SD/MI KELAS V Oleh Weli Nivita Pengembangan Media Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Ekosistem Di Sd/Mi Kelas V, penelitian ini memiliki rumusan masalah 1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan media Pop-Up pada pembelajaran tematik? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media Pop-Up pada pembelajaran tematik? 3) Bagaimana respon peserta didik terhadap pengembangan media Pop-Up pada pembelajaran tematik?. Disekolah perlu adanya media khusus dan memadai dalam membantu proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dikemas secara menarik agar peserta didik tertarik dan termotivasi. Diharapkan media Pop-Up Book ini merupakan inovasi baru untuk pendidikan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini 1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media Pop-Up Book pada pembelajaran tematik, 2)mengetahui kelayakan pengembangan media Pop- Up Book pada pembelajaran tematik, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media Pop-Up Book pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian Reserch and Development (R&D) mengadaptasi model pengemangan yang dikembangkan oleh Thiagrajan. Pada penelitian ini menggunakan 4 langkah yaitu sebagai berikut: 1) define/pendefinisian, 2) design/perancangan, 3) develop/ pengembangan, 4)disseminate/penyebarluasan. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa: angket ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan angkep tanggapan pendidik untuk mengetahui kelayakan produk, serta angket respon peserta didik digunakan untuk mengetaahui kemenarikan produk. Sasaran dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 02 Purajaya Kebun Tebu dan SDN 01 Puralaksana Fajar Bulan. Berdasarkan dari penelitian yang dikembangkan berupa media Pop-Up Book, hasil penelitian dari ahli media memperoleh persentase 87,5%, ahli materi memperoleh persentase 86,50%, ahli bahasa memperoleh persentase 80% dan praktisi pendidikan memperoleh persentase 93,1%, kemudian hasil dari respon peserta didik sekala besar dan sekala kecil memeproleh persentase 100%. Berdasarkan hasil dari uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Pop-Up, Media, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2021 04:00
Last Modified: 21 May 2021 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14329

Actions (login required)

View Item View Item