PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTU JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP N 1 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN

Dwi, Suryaningsih (2021) PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTU JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP N 1 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of DWI SURYANINGSIH SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTU JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP N 1 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN Oleh Dwi Suryaningsih Berdasarkan hasil observasi di SMP N 1 Merbau Mataram bahwa hasil belajar IPA dan sikap ilmiah peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA dikategorikan rendah, Rendahnya hasil belajar IPA dan sikap ilmiah peserta didik kelas VII disebabkan karena kurang aktifnya peserta didik dalam kegiatan belajar atau model pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science berbantu Jurnal Belajar terhadap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah peserta didik kelas VII di SMP N 1 Merbau Mataram Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII. Adapun sampel yang dipilih dengan teknik Nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Kelas VII C terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B terpilih sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa tes dan non tes. Setelah data tes objektif, dikumpulkan pengolahannya dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas,uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Uji hipotesis menggunakan uji manova. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov smirnov dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene’s, perolehan kedua data tersebut ialah normal dan homogeny, sehingga untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji MANOVA didapatkan taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science berbantu Jurnal Belajar terhadap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah peserta didik kelas VII di SMP N 1 Merbau Mataram Lampung Selatan. Kata kunci : Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS), Jurnal Belajar, Hasil Belajar IPA, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2021 03:53
Last Modified: 21 May 2021 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item