IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION TERHADAP LIFE SKILL PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MIMA IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TP 2020/2021

DESI, ARYANI (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION TERHADAP LIFE SKILL PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MIMA IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TP 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievment Division Terhadap Life Skill Peserta Didik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V MIMA IV Sukabumi Bandar Lampung TP 2020/2021”. Penelitian ini berawal dari sudah diterapkannya pendidikan berbasis life skill, peserta didik sudah ada yang berani mengemukakan pendapatnya, sudah bisa bekerja sama dalam kelompok, sudah berani maju kedepan kelas untuk menjelaskan hasil dari kelompoknya, tetapi masih ada beberapa peserta didik yang masih kurang memperhatikan guru pada saat menjelaskan materi, masih ada peserta didik yang main-main pada saat kegiatan belajar mengajar. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievment Division Terhadap Life Skill Peserta Didik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Mima IV Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan peserta didik kelas V yang ada di MIMA IV Sukabumi, Bandar Lampung. Untuk mengetahui validasi isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada tim validator. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya peserta didik tertarik dan berminat dengan penggunaan model pembelajaran STAD ini sehingga peserta didik menjadi bersemangat untuk belajar terus menerus dan guru dapat melatih/membentuk kecakapan hidup (life skill) peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran tersebut. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Life Skill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2021 04:20
Last Modified: 20 May 2021 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14325

Actions (login required)

View Item View Item