OPTIMALISASI PRODUKSI DAMAR MATA KUCING DALAM WANATANI KOMPLEKS MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS (Studi Kasus Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat

LAXMI, ULVI YURI (2021) OPTIMALISASI PRODUKSI DAMAR MATA KUCING DALAM WANATANI KOMPLEKS MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS (Studi Kasus Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LAXMI FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of COVER_BAB I - II _ DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK OPTIMALISASI PRODUKSI DAMAR MATA KUCING DALAM WANATANI KOMPLEKS MENGGUNAKAN METODE SIMPLEK (Studi Kasus Kecamatan Pesisir Selatan) Oleh : Laxmi Ulvi Yuri Linear programming atau optimasi linier adalah bagian dari matematika yang banyak digunakan, antara lain dalam bidang ekonomi, pertanian dan perdagangan. Program linier merupakan cara untuk menghitung keuntungan maksimum atau biaya minimum. Hal ini sangat bergantung pada pembatas atau kendala, yaitu sumber daya yang tersedia. Metode yang digunakan adalah metode simpleks yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah-masalah program linear yang meliputi banyak pertidaksamaan dan banyak variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi produksi damar mata kucing dalam wanatani kompleks menggunakan metode simpleks. Penelitian ini bersifat studi pustaka yang merupakan telaah dari literatur dengan mengadakan studi penelaah terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan�catatan, dan laporan-laporan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Langkah-langkah untuk mengoptimalkan produksi tersebut antara lain: (1) observasi, (2) pengumpulan data, (3) pemodelan matematika dalam proses prodeksi damar mata kucing, (4) mengoptimalkan keuntungan dalam produksi menggunakan metode simplek, (5) mengoptimasikan keuntungan dalam produksi menggunakan alat bantu QM for Window v3. Hasil perhitungan menggunakan program linier metode simplek dengan alat bantu QM for Window V3 menunjukkan bahwa produksi yang telah diterapkan sudah optimal. Tingkat keuntungan optimal adalah sebesar Rp.26.042.500 dengan memproduksi 645kg DMK mutu AB, 125kg DMK mutu C, 100kg DMK mutu CK, 80 DMK mutu EE dan 50kg DMK mutu ABU. Dengan menggunakan metode simpleks hasil perhitungan model optimasi produksi menunjukkan bahwa produksi damar mata kucing Rahmad mengalami kenaikan sebesar Rp. 2. 817. 500,-. Kata Kunci : Linear programming, Metode Simplek, Optimalisasi Produksi, QM for Window V3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2021 03:22
Last Modified: 20 May 2021 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14321

Actions (login required)

View Item View Item