PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA

IDA, OKTARIDA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKIRPSI Ida Oktarida.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di SMPN 1 Sukau, menunjukan bahwa masih terdapat peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntatsan Minimum. Hal ini disebabkan karena kuramg aktifnya peserta didik selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kreativitas belajar matematika. TAPPS merupakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif memberikan gagasan dan mengukur sejauh mana peserta didik memahami materi selama proses pembelajaran. Kreativitas belajar adalah hasil interaksi antara individu dan lingkungan untuk memikirkan tentang suatu cara yang baru. Model pmbelajaran yang diterapkan oleh pendidik masih mengacu pada tingkat kognitif rendah, yakni hanya mengingat dan menghapal serta mengerjakan soal latihan, selama proses pembelajaran pendidik cenderung menjadi pusat sedangkan peserta didik hanya menyimak dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh pendidik. Model yang tepat dibutuhkan untuk menghindari hal tersebut. Model pembelajaran TAPPS merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat peserta didik menjadi lebih aktif. Penelitian ini di lakukan di kelas VII SMPN 1 SUKAU, Lampung Barat, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Uji validitas item tes soal instrumen menggunakan rumus product moment. Reliabilitas instrumen tes dengan menggunakan rumus Alpha Kronbach. Hasil analisis mengenai instrumen menunjukan instrumen penelitian valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis variansi yang dilakukan adalah uji liliefors untuk mengetahui normalitas dan uji Barlett untuk mengetahui homogenitas, selanjutnya uji analisis variansi dua jalan sel tak sama digunakan untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan analisis variansi dua jalan sel tak sama didapatkan kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah. (2) tidak terdapat pengaruh kreativitas belajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan kreativitas belajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci: Thinking Aloud Pair Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kreativitas Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2021 03:18
Last Modified: 20 May 2021 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item