PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Azly, Muhammad Aziz (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_aziz.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting, karena dengan pendidikan kita dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam diri. Berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan di SMP N 6 Bandar Lampung ditemukan bahwa permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik, hal tersebut dipengaruhi oleh penggunaan metode yang kurang tepat. Melihat permasalahan tersebut, penulis memberikan solusi melalui penerapan metode pembelajaran giving question and getting answer dalam materi bangun ruang sisi datar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran giving question and getting answer terhadap pemahaman konsep matematis pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian satu kali satu faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan acak kelas. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen metode giving question and getting answer dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, diperoleh data bahwa hasil tes pemahaman konsep matematis dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Hasil perhitungan yang diperoleh dalam pembahasan melalui uji-t diperoleh bahwa thitung = 3.58 dan ttabel = 2.003. Hasil perhitungan telah menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa keputusan ujinya H0 ditolak dan HI diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran giving question and getting answer terhadap pemahaman konsep matematis pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 26 Sep 2017 02:42
Last Modified: 26 Sep 2017 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item View Item