IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME DALAM MENERAPKAN PEMBIASAAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN KELAS B2 DI TK AL-ULHAQ SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

TIARA, NABILA (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME DALAM MENERAPKAN PEMBIASAAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN KELAS B2 DI TK AL-ULHAQ SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2 .DAPUS TIARA NABILA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TIARA NABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan kita di era saat ini bagi masyarakat, mulai dari pelajar hingga masyarakat umum. Model pembelajaran beyond center and circle time (BCCT) memberikan peluang merangsang seluruh aspek kecerdasan salah satunya aspek bahasa termasuk bahasa asing anak melalui bermain yang terarah. Penggunaan model pembelajaran BCCT merupakan model pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan pembiasaan Bahasa Inggris anak, karena model pembelajaran BCCT dapat merangsang seluruh aspek melalui bermain. Melalui bermain anak dapat memuaskan tuntutan dan kebutuhan dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian yang menuangkan dalam rumusan masalah yakni “Bagaimanakah proses strategi pembelajaran beyond centers and circle time dalam menerapkan pembiasaan Bahasa Inggris pada anak usia dini usia 5-6 tahun kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Al-Ulhaq Sukabumi Bandar Lampung?”. Adapun penelitian ini bertujuan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan langkah-langkah penerapan BCCT dalam menerapkan pembiasaan Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Al- Ulhaq Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi, display dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di Taman Kanak-kanak Al-Ulhaq Sukabumi Bandar Lampung telah diterapkan model pembelajaran beyond centers and circle time dalam menerapkan pembiasaan Bahasa Inggris anak dengan menggunakan langkah-langkah secara keseluruhan yaitu diawali dengan melakukan pijakan sebelum main, lalu melaksanakan langkah pijakan pengalaman main, kemudian pijakan selama main, iiilangkah terakhir yaitu pengalaman main. Juga, Bahasa Inggris di TK Al-Ulhaq sudah diterapkan melalui BCCT, tepatnya pada pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main, dengan menggunakan metode bernyanyi, metode bermain, metode tanya jawab, metode pembiasaan, metode TPR, dan metode bercerita. Kata kunci: Bahasa Inggris, Beyond Centers And Circle Time

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2021 03:52
Last Modified: 19 May 2021 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14309

Actions (login required)

View Item View Item