PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

VERONI, RADIN NADILA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of VERONI RADIN NADILA skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan mempelajari ilmu matematika yaitu untuk membangun karakter siswa untuk dapat berpikir kritis, logis, dan sistemtis dalam menganalisis soal. Praktek pembelajaran matematika yakni terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa, salah satu faktor yang menyebabkan siswa belum mampu secara mandiri dalam belajar matematika dikarenakan nilai siswa masih rendah, guru masih kesulitan dalam menentukan model pembelajaran dan kurang bervariasi. Permasalahan-permasalahan di atas juga dialami oleh siswa-siswi SMP N 20 Krui Pesisir Barat, Lampung. Berdasarkan observasi diketahui jika kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih terbilang rendah. Memahami permasalahan di atas, peneliti memilih untuk mengkaji lebih dalam tentang pengaruh model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confrotn, Identify, Resolve, Reinforce) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa di SMP N 20 Krui. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR terhadap kemampuan pemahahaman konsep matematis ditinjua dari kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu Quasy Eksperimen Design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A dan B. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data yang digunakan ada dua yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket kemandirian belajar. Analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama. Uji hipotesis anava dua jalan dengan sel tak sama dimana dengan menggunakan taraf signifikam 5% sehingga diperoleh H0A ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran ECIRR terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Hipoteisis kedua menunjukan H0B ditolak artinya terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa pada kelompok tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sedangkan unruk hipotesisi ketiga diterima artinya tidak terdapat interaksi anatar model pembelajaran ECIRR terhadap kemandirian belajar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model ECIRR, Pemahaman Konsep Matematis, dan Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2021 03:34
Last Modified: 19 May 2021 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item View Item