PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP BOOK MAKER PADA PELAJARAN FIQH PESERTA DIDIK KELAS IV

NOVITA, WULANDARI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP BOOK MAKER PADA PELAJARAN FIQH PESERTA DIDIK KELAS IV. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Novita Wulandari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum dikembangkannya media pembelajaran berbasi Flip Book Maker pada mata pelajaran fiqih materi shalat ‘id dan sedekah kelas IV dalam proses belajar mengajar pendidik menggunakan buku paket atau buku tematik pada mata pelajaran mata pelajaran fiqih materi shalat ‘id dan sedekah. Pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran tetapi belum menggunakan media yang bervaiatif ataupun belum berbentuk multimedia seperti media pembelajaran berbasis Flip Book Maker, sedangkan fasilitas sekolah sudah memadai seperti adanya sarana dan prasarana komputer dan LCD Proyektor. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran berbasis Flip Book Maker serta bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Flip Book Maker. Media pembelajaran ini dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi pendidik dan peserta didik. Dengan adanya media pembelajaran ini peserta didik lebih antusias dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R &D) yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono, yang menggunakan tujuh langkah tahapan dalam penelitian yaitu 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Perbaikan Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi yaitu validasi ahli materi dan validasi ahli media serta respon peserta didik dan guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari interview (wawancara) kepada pendidik atau guru mata pelajaran fiqih. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli yaitu ahli media dan ahli materi, dengan hasil validasi yaitu dari ahli materi menilai media pembelajaran 3.60, dari ahli media menilai media pembelajaaran 3.81, penilaian pendidik menilai media pembelajaran 3.93, dan respon peserta didik menilai media pembelajaran 3.85 dengan demikian media pembelajaran berbasis flip book maker yang dikembangkan dikategorikan Sangat Baik dan layak dijadikan sebagai media pembelajaran untuk SD/MI pada mata pelajaran fiqih. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Flip Book Maker, Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2021 03:31
Last Modified: 19 May 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14304

Actions (login required)

View Item View Item