PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI TK IT BAITUL MUSLIM LAMPUNG TIMUR

Fita, Fitriani Hanafiah (2021) PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI TK IT BAITUL MUSLIM LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Fita Fitriani Hanafiah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh kesiapan guru dalam mempersiapkan anaknya melalui kegiatan belajar mengajar. Kinerja yang sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa adalah kinerja guru didalam kelas yang mana guru mampu menjelaskan materi dengan baik, mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan baik, mampu mengarahkan dan membimbing siswa dalam pembelajaran sehingga siswa akan memiliki semangat dalam belajar, senang dengan kegiatan pembelajaran yang diikutinya dan merasa mudah memahami materi yang disajikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar anak di TK IT Baitul Muslim Lampung Timur. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan maksud untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel kinerja guru sebagai variabel bebas, dan variabel motivasi belajar anak sebagai variabel terikat. Dalam melaksanakan kegiatan penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu menggunakan kesioner atau angket, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Angket yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penellitian ini yaitu jenis angket tertutup karena responden tinggal memilih jawaban yang telah disediakan oleh peneliti denngan cara memberikan tanda silang atau checklist oleh responden. Angket dibagikan kepada 60 responden yang terdiri dari 5 orang guru, dan 55 orang siswa. Dari hasil jawaban pada angket tersebut, penulis selanjutnya melakukan olah data dengan bantuan software SPSS, dan kemudian menganalisis hasil dari pengolahan data tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kinerja guru dengan motivasi belajar anak, dengan demikian artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis antara variabel Kinerja Guru dengan Motivasi Belajar Anak mempunyai t hitung > t tabel dan nilai signifikansi < 0,05. Berdasarkan hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) dapat dilihat bahwa nilai Adjusted R Square (Adjusted R2) sebesar 0,813 atau 81%. Nilai ini menunjukan bahwa motivasi belajar anak dapat dijelaskan sebesar 81% oleh variabel kinerja guru. Sedangkan sisanya sebesar 19% (100% - 81%) dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkapkan dalam model penelitian ini. Kata Kunci : Kinerja, Guru, Motivasi Belajar, Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 May 2021 03:25
Last Modified: 18 May 2021 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item