PENGARUH UMPAN BALIK ASESMEN KINERJA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 3 BANDAR LAMPUNG

Sari, Deska Proneka (2017) PENGARUH UMPAN BALIK ASESMEN KINERJA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umpan balik asesmen kinerja terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI semester genap di SMAN 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah peserta didik yang diketahui melalui nilai peserta didik disebabkan karena proses penilaian yang masih menggunakan penilaian presentasi, diskusi dan penilaian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umpan balik asesmen kinerja peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI SMA N 3 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan desain posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 3 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dari teknik tersebut didapat kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan umpan balik asesmen kinerja dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan asesmen yang digunakan oleh guru. Sikap ilmiah peserta didik diukur dengan menggunakan angket dan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik diukur dengan menggunakan Uji Hipotesis yaitu uji t independent. Hasil analisis nilai akhir indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu: 81,82 % dan pada aspek sikap ilmiah diperoleh hasil 86,59 %. Hasil sig (2-tailed) <0,05 yaitu 0,00 ini menunjukkan bahwa umpan balik asesmen kinerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah peserta didik materi analogi pada buah kelas XI di SMAN 3 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 26 Sep 2017 01:45
Last Modified: 26 Sep 2017 01:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item