ANALISIS METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MI AL-HIKMAH, BANDAR LAMPUNG

Ahyar, Rosadi (2021) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MI AL-HIKMAH, BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi-Ahyar-Rosadi-PGMI_ full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi-Ahyar-Rosadi-PGMI bab 1,2,dapus.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V, MI Al-Hikmah, Bandar Lampung”. Penelitian ini berawal dari ketidaktertarikan peserta didik dengan mata pelajaran IPA. Seperti yang telah peneliti lihat dari data dokumentasi hasil nilai ulangan harian peserta didik yang mendapatkan hasil belajar yang kurang. Ketidaktertarikan tersebut yang membuat peserta didik menjadi malas belajar dan berdampak pada hasil belajar mereka yang rendah. Oleh karena itu peneliti akan menganalisis metode demonstrasi apakah layak digunakan pada mata pelajaran IPA dan membuat hasil belajar peserta didik jauh lebih baik dari sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pada kelas V di MI Al-Hikmah, Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif Dekskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan peserta didik kelas V yang ada di MI Al-Hikmah, Bandar Lampung. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada tim validator. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Setelah mengetahui hasil data yang diperoleh dari instrumen penelitian, maka peneliti menganalisis metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA di kelas 5. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya peserta didik tertarik dan berminat dengan penggunaan metode pembelajaran demonstrasi ini sehingga mereka menjadi bersemangat untuk belajar terus menerus dan mendapatkan hasil belajar mata pelajaran IPA yang jauh lebih baik dan memuaskan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 13:42
Last Modified: 10 May 2021 13:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item View Item