EFEKTIFITAS BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM PEMAHAMAN KEAGAMAAN BAGI WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA KALIANDA

YESI, ANDRIYANI (2021) EFEKTIFITAS BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM PEMAHAMAN KEAGAMAAN BAGI WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA KALIANDA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga pemasyarakatan adalah wadah atau tempat bagi warga binaan untuk berproses memperbaiki diri, sehingga warga binaan dapat kembali diterima ditengah masyarakat. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Efektifitas Bimbingan Rohani Islam yang dilakukan oleh petugas Lapas mengenai pemahaman keagamaan warga binaan selama menjalani hukuman di dalam Lapas. Bimbingan rohani Islam sangat penting bagi warga binaan agar ketika sudah bebas atau sudah selesai dalam menjalani hukuman karena telah melanggar suatu pasal bisa menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Populasi pada penelitian ini 2 petugas kerohanian dan 478 warga binaan, dan sampel yang digunakan 20 orang warga binaan dan 2 orang petugas kerohanian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Efektifitas bimbingan rohani Islam merupakan suatu kegiatan kerohanian yang diberikan kepada warga binaan untuk menjadikan warga binaan lebih baik dari sebelumnya ketika sudah kembali kemasyarakat. Adapun materi yang di berikan kepada warga binaan antara lain, Ibadah, Fiqih, Spiritual, Tauhid, dan Akhlak, dengan adanya bimbingan rohani Islam mendapatkan respon positif dari sebagian besar warga binaan, pemahaman keagamaan warga binaan semakin bertambah, dalam hal ini kegiatan bimbingan rohani Islam efektif diterapkan didalam Lapas karena warga binaan dapat merubah kehidupannya semakin baik dan dapat bermanfaat ketika sudah kembali kemasyarakat. (2) Pemahaman keagamaan Warga Binaan setelah mengikuti secara rutin kegiatan bimbingan Rohani Islam banyak perubahan diantaranya, membantu dalam meningkatkan pemahaman tentang Agama. Metode yang digunakan pembimbing yaitu, metode ceramah, dan tanya jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 09:57
Last Modified: 10 May 2021 09:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14283

Actions (login required)

View Item View Item