ANALISIS DIVIDEND DISCOUNT MODEL UNTUK PENILAIAN HARGA SAHAM DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2019)

ANGGUN, EMILIA SARI (2021) ANALISIS DIVIDEND DISCOUNT MODEL UNTUK PENILAIAN HARGA SAHAM DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki latar belakang atas dasar banyaknya investor atau calon investor yang ingin berinvestasi saham dengan mendapatkan keuntungan yang optimal. Oleh kerena itu mereka perlu melakukan analisis terlebih dahulu terhadap saham yang mereka pilih. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode dividend discount model dimana analisis ini lebih mengacu pada penilaian internal perusahaan. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kinerja keuangan perusahaan dan menghitung nilai intrinsik atas saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index, agar investor maupun calon investor dapat mengambil keputusan investasi dengan tepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan (applied reseach) dengan analisis kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan objek penelitian pada perusahaan yang terdaftar di JII pada tahun 2016-2019. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Dari populasi sejumlah 45 perusahaan diambil sampel sejumlah sepuluh perusahaan, yaitu PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Astra International Tbk (ASII), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), PT United Tractors Tbk ( UNTR), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada tahun 2016 terdapat 9 perusahaan yang mengalami kondisi undervalued (murah), perusahaan tersebut yaitu ADRO, AKRA, ASII, ICBP, INDF, LPPF, SMGR, UNTR, UNVR dan terdapat 1 perusahaan yaitu WIKA dalam kodisi overvalued (mahal). Pada tahun 2017 terdapat 7 perusahaan yang mengalami undervalued (murah), perusahaan tersebut yaitu AKRA, ASII, ICBP, INDF, LPPF, SMGR, UNVR, dan terdapat 3 perusahaan yang mengalami overvalued (mahal) yaitu perusahaan ADRO, UNTR, WIKA. Pada tahun 2018 terdapat 8 perusahaan yang mengalami undervalued (murah), perusahaan tersebut yaitu ADRO, AKRA, ASII, ICBP, INDF, SMGR, UNTR, UNVR dan terdapat 2 perusahaan yang mengalami overvalued (mahal) yaitu perusahaan LPPF dan WIKA. Pada tahun 2019 terdapat 8 perusahaan yang mengalami undervalued (murah), perusahaan tersebut yaitu ASII, ICBP, INDF, LPPF, SMGR, UNTR, UNVR, WIKA. Sedangkan 2 perusahaan mengalami overvalued (mahal) yaitu perusahaan ADRO dan AKRA. Metode DDM juga dinilai sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, dimana pada penggunaan metode ini mengandung asas maslahah. Manfaat yang dapat diambil khususnya bagi para investor maupun calon investor yaitu dapat membantu dalam pengambilan keputusan investasi, karena pada metode ini kita dapat mengetahui nilai intrinsik dari saham perusahaan. Nilai intrinsik inilah yang akan dibandingkan dengan harga pasar saham sehingga investor/calon investor dapat mengambil keputusan apakah ingin menjual/membeli saham tersebut. Kata Kunci : Dividend Discount Model, Penilaian Harga Saham, Keputusan Investasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 09:41
Last Modified: 10 May 2021 09:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item