PENGARUH PENDEKATAN KNOWLEDGE AND COMPREHENSION BERBASIS ASSESMENT KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

JAINAH, ALFIATUN NI’MAH (2021) PENGARUH PENDEKATAN KNOWLEDGE AND COMPREHENSION BERBASIS ASSESMENT KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Jainah alfiatun Ni'mah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN KNOWLEDGE AND COMPREHENSION BERBASIS ASSESMENT KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG Oleh: Jainah Alfiatun Ni’mah Penelitian ini dilksanakan di SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Maslah yang terjadidi SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung adalah masih rendahnya Keterampilan Proses Sains salah satunya disebabkan karena peserta didikmasih jarang berpartisipasi langsung diberikan kesempatan untuk bertanya dan berpendapat, sehingga kemampuan tergantung peserta didik terhadap temanya, peserta didik cenderung pasif dan kurang antusias ketika mengikuti proses pemeblajaran penggunaan Metode Knowledge and Comprehension. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan Knowledge and Comprehension Terhadap Keterampilan Proses Sains Di SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan ,metode Quasy experimental Design. Design yang digunakan adalah posttest only Control group Design, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII. Sampel penelitian adalah kelas kelas VIII E kelas eksperimendan VIII G adalah kelas kontrol. Alat pengumpulan data berupa tes, lembar observasi dan dokumntasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pencapaian pada kelas eksperimen dengan model Knowledge and Comprehension diperoleh nilai rata-rata 79%. Sedangkan kelas kontrol 79%. Data berdistribusi normal dengan melihat Lhitung < Ltabel dimana kelas kontrol 0,15082 < 0,1568. Data kelas Eksperimen Data menunjukan varians yang homogen dimana Thitung = 0,137 dan Ttabel 0,157 sehingga Thitung 0,1568 dengan berdsarkan nilai taraf signifikan 5%(0,05) berdsarkan kriteria hasil uji-t pada dari hasil yang diperoleh menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya, sehingga terdapat pengaruh penggunaan metode Knowledge and Comprehension Terhadap Keterampilan Proses Sains pada mata pelajaran Biologi. Kata Kunci: Metode Knowledge and Comprehension Berbasis Assesment Kinerja Terhadap Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 09:35
Last Modified: 10 May 2021 09:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14279

Actions (login required)

View Item View Item