Impementasi pembelajaran berbasis media gambar dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Waylahu Kalianda Lampung Selatan

Umam, Fathul (2017) Impementasi pembelajaran berbasis media gambar dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Waylahu Kalianda Lampung Selatan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (448kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (284kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (407kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (615kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran selama ini yang berlangsung di kelas belum memenuhi harapan guru, siswa dan sekolah. Hal ini karena guru dalam menyampaikan materi hanya monoton saja, sehingga membuat siswa bosan. Proses pembelajaran dapat membuat siswa aktif apabila siswa termotivasi dalam belajar. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk membuat siswa aktif, antara lain penerapan metode dan penggunaan media dalam pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran akan memusatkan perhatian siswa terhadap materi yang akan dan sedang disajikan guru, sehingga hasil belajar meningkat. Pada saat proses pembelajaran Mata Pelajaran Fikih tentang wudhu dengan memakai metode ceramah, media tulisan guru di papan tulis dengan materi menceritakan kegiatan sehari – hari sebelum berangkat ke sekolah. Pada kegiatan inti : guru menjelaskan materi siswa mendengarkan. Guru mengadakan tanya jawab, sebagian siswa belum ada yang bertanya. Pada kegiatan akhir : guru mengadakan penilaian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam belajar dengan hasil sebagai berikut : Nilai tertinggi : 80; Nilai terendah: 50 dan Rata – rata nilai: 60 Ternyata pembelajaran mata pelajaran Fikih kurang memuaskan hasilnya. Berdasarkan beberapa masalah tersebut diatas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Guru hanya mengajar cara atau metode ceramah saja, dan Siswa pasif karena guru dalam penyampaian materi kurang memakai metode yang bervariasi dan keaktifan anak kurang karena kegiatan hanya berpusat pada guru. Guru sudah mempersiapkan dan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas, tetapi nilai siswa belum tercapai atau memuaskan,pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Waylahu Kalianda Kabupaten Lampung Selatan ? Tujuan penelitian ini adalah : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis media gambar dan dan memperoleh gambaran tentang kendala serta hasil belajar siswa dalam bidang studi fikih yang ada di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Waylahu Kalianda Lampung Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran berbasis media gambar pada mata pelajaran fikih MA Al-Khairiyah Waylahu Kalianda yaitu dengan cara : menyiapkan gambar sesuai dengan materi yang akan di ajarkan, memperlihatkan gambar-gambar tersebut pada saat proses pembelajaran berlangsung, contohnya pada materi Wudhu dengan memperlihatkan gambar orang sedang berniat melakukan Wudhu, gambar orang membasuh muka, tangan, sebagian kepala, telinga, dan kaki, dengan memperhatikan gambar – gambar tersebut siswa dapat lebih mudah memahami materi tentang Wudhu dengan cepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Sep 2017 01:30
Last Modified: 26 Sep 2017 01:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item