KONSEP KHALÎFAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

WINA, HANDAYANI (2021) KONSEP KHALÎFAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Konsep khalifah dalam pendidikan Islam ditunjukkan untuk manusia sebagai pemimpin di muka bumi, dalam menggantikan tugas para Nabi dan Rasulullah dalam menjaga bumi, mendidik manusia menuju aturan Allah SWT, serta menyeru dalam beribadah, berbuat kebaikan serta menghindari kerusakan. Menjadi pemimpin yang adil dan menghindari kerusakan. Ketercapaian maksud khalifah maka pemimpin harus sesuai dnegan syarat-syarat dalam menjadi khalifah, menjalankan tugasnya sesuai aturan Allah Swt, memiliki karakter nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam pengertian khalifah, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam syarat-syarat khalifah, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam tugas-tugas khalifah, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam karakter khalifah dan konsep khalifah. Jenis penelitian ini, yaitu library research atau penelitian kepustakaan, yang bersifat deskriptif analitis. Sumber data primer penelitian ini, adalah al-Qur’an, tafsir pendidikan, dan tafsir al-misbah. Sedangkan sumber sekunder penelitian ini, adalah pendapat dari pakar penelitian, filsafat pendidikan Islam dan sumber lainnya yang berkaitan dengan konsep khalifah dan implikasinya dalam pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data berupa buku dan jurnal yang relevan. Teknik analisis data dengan menganalisis secara deskriptif dan menganalisis isi. Hasil penelitian konsep khalifah dan implikasinya terhadap pendidikan Islam yaitu pertama, nilai-nilai pendidikan Islam dalam pengertian khalifah sebagai pengganti para nabi dan Rasulullah SAW dalam meneruskan dakwah yaitu mendidik umat manusia untuk beribadah kepada Allah Swt, menjalankan kehidupan sesuai aturan Allah, menjadi pemimpin yang adil. Kedua, nilai-nilai pendidikan Islam dalam syarat-syarat khalifah yaitu muslim, lakilaki, merdeka, dewasa, mujtahid, adil, amanah, sehat, pemberani. Ketiga, nilai-nilai pendidikan Islam dalam tugas khalifah yaitu memelihara amanah dari Allah SWT dengan menjaga bumi, memakmurkan bumi dan isinya, mendirikan shalat serta menjauhi perbuatan yang mungkar atau kerusakan. Kelima, nilai-nilai pendidikan Islam dalam karakter khalifah adalah mematuhi aturan Allah SWT dalam menjalankan pemimpinnya, tertanam karakter kebajikan dalam diri pemimpin dan menumbuhkan rasa kebajikan dengan bawahannya, menjalankan kewajiban serta menyerukan kepada kebajikan yaitu shalat dan zakat, sabar dalam menjalankan tugasnya. Kata Kunci: Konsep Khalifah, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 04:08
Last Modified: 10 May 2021 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14263

Actions (login required)

View Item View Item