Pengaruh Religiusitas Terhadap Etos Kerja Pedagang Muslim Dan Pedagang Kristen (Studi Kasus Pasar Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan)

Novia, Husna Tsabita (2021) Pengaruh Religiusitas Terhadap Etos Kerja Pedagang Muslim Dan Pedagang Kristen (Studi Kasus Pasar Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (19MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NOVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSRAK Agama merupakan unsur universal bagi kehidupan manusia dan implementasinya dapat diwujudkan dalam bekerja keras, demikian halnya juga dengan berdagang. Etos kerja pedagang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi pedagang yang secara tidak langsung dapat membantu pemerintah dalam menekan kemiskinan didaerahnya. Fenomena keberagamaan di Pasar Natar tidak lepas dari munculnya kesadaran dalam diri pedagang adanya kekuatan-kekuatan irrasional yang melebihi kekuatan dalam diri. Penyebab tumbuhnya etos kerja bukan hanya dari peran agama, karena hal yang paling penting didalam berdagang ialah siapa yang mampu bertahan dan berkembang di pasaran. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi religiusitas dalam etos kerja pedagang muslim dan kristen dan apakah faktor-faktor pedagang muslim dan Kristen dalam membangun etos kerja di Pasar Natar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi religiusitas dalam etos kerja pedagang muslim dan kristen dan faktor-faktor dalam mempengaruhi pedagang muslim dan kristen yang membangun etos kerja di Pasar Natar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu menjelaskan ataupun menggambarkan kondisi masyarakat berdasarkan keadaan lapangan dengan apa adanya sesuai dengan data dari hasil wawancara, observasi dan dukumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agama agar menjadi faktor utama, selain itu ternyata ada hal lain yang dapat meningkatkan etos kerja yaitu kondisi lingkungan/geografis, pendidikan, budaya dan motivasi intrinsik bermanfaat agar usaha yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dalam meningkatkan etos kerja untuk memajukan usaha pedagang di Pasar Natar. Dimensi-dimensi keyakinan, dimensi praktik agama, dimensi penghayatan,dimensi pengetahuan agama dan dimensi pengalaman konskwensi memiliki manfaat terhadap etos kerja pedagang. Kata kunci : religusitas, etos kerja dan pedagang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 03:55
Last Modified: 10 May 2021 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item