IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI MIN 2 LAMPUNG SELATAN

MEYROSA, CHAIRANI (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI MIN 2 LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi MEYROSA CHAIRANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan berbagai usaha yang dilakukan oleh warga sekolah, dilakukan bersama-sama dengan orang tua dan anggota masyarakat. Menyikapi pentingnya pendidikan karakter, maka sangat diperlukan pendidikan karakter di sekolah untuk mewujudkan peradaban bangsa dengan memberikan keteladanan dan pembiasaan. Pendidikan karakter merupakan usaha yang disengaja, bersifat proaktif, dan dilakukan oleh sekolah dan pemerintah untuk menanamkan nilai-nilai inti dalam etika, seperti kepedulian, disiplin, religius, tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter religius dan disiplin melalui budaya sekolah di MIN 2 Lampung Selatan. Pendidikan karakter sebagai salah satu usaha untuk memperbaiki perilaku peserta didik. MIN 2 Lampung Selatan telah menerapkan pendidikan karakter secara optimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, pendidik dan peserta didik kelas IV A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter terlaksana melalui budaya sekolah yaitu dengan penyediaan fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung berbagai program sekolah maupun pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Pendidikan karakter religius dan disiplin dapat membantu dalam meningkatkan perilaku peserta didik. Penerapan pendidikan karakter religius dan disiplin dilakukan melalui kegiatan rutin, keteladanan, dan spontan. Karakter religius diterapkan dengan mengucap salam sambil berjabat tangan dengan guru, shalat dhuha, muroja‟ah juz 30, shalat dzuhur dan ashar berjamaah. Karakter disiplin diterapkan dengan datang tepat waktu, upacara bendera setiap hari senin, membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket sesuai jadwal. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Religius, Disiplin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 03:43
Last Modified: 10 May 2021 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item