PENGARUH UTANG LUAR NEGERI DAN PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PERIODE 2010-2019

MUHAMMAD, AGUS SALIM (2021) PENGARUH UTANG LUAR NEGERI DAN PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PERIODE 2010-2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD AGUS SALIM FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of COVER_BAB1-2_DAPUS.pdf] PDF
Download (735kB)

Abstract

ABSTRAK Pembangunan ekonomi suatu negara akan meningkat seiring meningkatanya pertumbuhan ekonomi. Indikator Pertumbuhan Ekonomi adalah dengan peningkatan kapasitas produksi barang dan jasa dalam kurun waktu tertentu, biasanya satu tahun. Beberapa ahli ekonomi menyebutkan bahwa modal merupakan faktor yang berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah dengan mencari sumbersumber permodalan. Misalanya adalah dengan mendatangkan modal dari luar negeri; seperti Utang Luar Negeri dan Penanaman Modal Asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Utang Luar Negeri dan Penanaman Modal Asing terhadap Pertumbuhan Ekonomi secara parsial dan simultan serta dalam jangka panjang dan jangka pendek, serta pandangan Ekonomi Islam terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jenis dan sumber data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang berupa data time series dengan rentan waktu periode 2010-2019. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel Dependen yaitu Pertumbuhan Ekonomi (Y) dan variabel Independen yitu Utang Luar Negeri (X1) dan Penanaman Modal Asing (X2). Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis menggunkan analisis Model Koreksi Kesalahan atau Error Corection Model (ECM) Berdasarkan analisis Error Corection Model (ECM) bahwa (1) Utang Luar Negeri terhadap pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh berbeda, dalam jangka panjang berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi sedangkan dalam jangka pendek tidak berpengaruh, dengan probabilitas sebesar 0,0007 dan 0,4532 (2) Penanaman Modal Asing dalam jangka panjang maupun jangka pendek, tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, dengan probabilitas sebesar 0,1202 dan 0,4971 (3) Secara Simultan Utang Luar Negeri dan Penanaman Modal Asing memiliki pengaruh siginifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, dengan Prob. F-Statistik sebesar 0,000000 dan 0,021333 Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa Utang Luar Negeri mempunyai pengaruh signifikan dalam jangka panjang. Karena dana pinjaman digunakan untuk alokasi kebutuhan produktif; infrasrtruktur, sarana publik, dan pengendalian uang, sehingga imbas positifnya dirasakan dalam jangka panjang. Sedangkan, Penanamana Modal Asing tidak berpengaruh signifikan secara jangka panjang maupun pendek, karena produktivitas tenaga kerja, perizinan investasi berbelit dan realisasi investasi asing dibawah target. Dalam islam Pertumbuhan Ekonomi mengarah kepada orientasi falah (kesejahteraan hakiki) serta menekankan unsur ruhaniah dalam input dan output pertumbuhan ekonomi. Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Utang Luar Negeri, Penanaman Modal Asing dan Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 03:29
Last Modified: 10 May 2021 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item View Item