ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN PRODUK RAHN TASJILY TANAH PT PEGADAIAN SYARIAH DALAM MENGEMBANGKAN UMKM BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pegadaian Syariah Radin Intan Lampung)

SINDIA, PUTRI (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN PRODUK RAHN TASJILY TANAH PT PEGADAIAN SYARIAH DALAM MENGEMBANGKAN UMKM BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pegadaian Syariah Radin Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pegadaian Syariah adalah lembaga keuangan non bank yang dalam kegiatan operasionalnya harus sesuai dengan prinsip syariah, seperti tidak ada riba, terhindar dari gharar, dan hal-hal lainnya yang tidak diperbolehkan dalam syariah. Salah satu produk Pegadaian Syariah yaitu produk pembiayaan rahn tasjily tanah. Produk pembiayaan rahn tasjily tanah merupakan produk pembiayaan yang diberikan oleh Pegadaian Syariah dengan jaminan berupa sertifikat tanah. Produk pembiayaan rahn tasjily tanah ini hadir untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha. Pembiayaan ini di khususkan untuk para pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) yang memiliki masalah permodalan dalam mengembangkan usahanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aplikasi pembiayaan produk rahn tasjily tanah dalam mengembangan UMKM, bagaimana efektivitas pembiayaan produk rahn tasjily tanah dalam mengembangkan UMKM di Pegadaian Syariah Radin Intan Lampung menurut perspektif ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menjelaskan aplikasi pembiayaan produk rahn tasjily tanah dalam mengembangkan UMKM, untuk mengetahui seberapa efektif pembiayaan produk rahn tasjily tanah dalam mengembangkan UMKM di Pegadaian Syariah Radin Intan Lampung menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder dan cara pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembiayaan produk rahn tasjily tanah dalam mengembangkan UMKM yang terdapat di Pegadaian Syariah Radin Intan Lampung sudah sesuai dengan indikator perkembangan usaha, dibuktikan dengan adanya perubahan modal setelah melakukan pembiyaan, serta adanya perubahan peningkatan pendapatan dan keuntungan. Meskipun masih terdapat beberapa UMKM yang mengalami penurunan pendapatan. Selain itu, pembiayaan rahn tasjily tanah yang ada di Pegadaian Syariah Radin Intan Lampung dinilai sudah efektif, karena dalam praktiknya pembiayaan rahn tasjily tanah ini telah memenuhi aspek-aspek efektivitas, dan indikator-indikator efektivitas pembiayaan. Dalam perspektif ekonomi Islam pembiayaan ini juga telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam, seperti tidak ada unsur riba, transaksi yang dilakukan merupakan transaksi yang diperbolehkan dan bukan suatu kegiatan yang diharamkan. Kata Kunci : Efektivitas, Rahn Tasjily Tanah, Pengembangan, UMKM, Pegadaian Syariah, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 03:15
Last Modified: 10 May 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item