PERUBAHAN SIFAT FISIK DAN KADAR SUKROSA SELAMA PROSES PEMATANGAN BUAH PISANG KEPOK (Musa paradisiaca Var. Formantipyca) dan BUAH PEPAYA (Carica papaya Var. California)

FITRI, LESTARI (2021) PERUBAHAN SIFAT FISIK DAN KADAR SUKROSA SELAMA PROSES PEMATANGAN BUAH PISANG KEPOK (Musa paradisiaca Var. Formantipyca) dan BUAH PEPAYA (Carica papaya Var. California). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PERUBAHAN SIFAT FISIK DAN KADAR SUKROSA SELAMA PROSES PEMATANGAN BUAH PISANG KEPOK (Musa paradisiaca Var. Formantipyca) dan BUAH PEPAYA (Carica papaya Var. California) Buah pisang kepok dan buah pepaya california merupakan buah-buahan yang hidup di lingkungan tropis. Buah pisang kepok dan buah pepaya California merupakan buah-buahan yang tidak mengenal musim panen hal ini dikarenakan buah pisang kepok dan pepaya California mudah dijumpai pada setiap musim. Menjadikan buah ini sangat familiar dikalangan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang proses pematangan buah yang dilihat dari sifat fisik dan kadar surosa pada proses pematangan buah pisang kepok (Musa paradisiaca var. formantipyca) dan buah papaya (Carica papaya var. california). Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengamatan mengenai perubahan warna, perubahan tekstur dan perubahan kadar sukrosa pada buah pisang kepok dan buah pepaya california selama proses pematangan buah. Penelitian dilakukan denga n 6 kali pengulangan selama 12 hari. Untuk penelitian uji perubahan warna digunakan analisis warna oleh 5 orang penelis dengan membandingkan warna dengan toca colour fender dari Nippon paint. Sedangkan untuk penentuan perubahan tekstur buah digunakan alat fr uit hardness tester. Dan penelitian mengenai kadar sukrosa dilakukan dengan menggukan alat refraktometer portable. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan sifat berupa perubahan warna dan tekstur. Perubahan warna dari buah yang berwarna hijau menjadi kuning dikarenakan adanya hormon etilen yang mereduksi klorofil. Sedangkan perubahan tekstur diakibatkan karena adanya degradasi pati semakin lama proses penyimpanan yangmengakibatkan semakin redah tekstur yang diperoleh. Sedangkan perubahan yang lainnya adalah adanya perubahan kadar sukrosa selama proses pematangan, akibat adanya hidrolisis pati menjadi gula - gula sederhana. Nilai kadar sukrosa tertinggi pada buah pisang kepok sebesar 10,45ᵒBrix pada hari ke 12 sedangkan nilai kadar sukrosa buah pepaya california tertinggi terdapat pada hari ke 10 dengan nilai 11,38ᵒBrix. Kata Kunci : Kadar Sukrosa, Pepaya California, Perubahan Sifat Fisik, Pisang Kepok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2021 04:13
Last Modified: 07 May 2021 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14218

Actions (login required)

View Item View Item