MANAJEMEN KINERJA GURU BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DI SMPN 7 BANDAR LAMPUNG

GUSTAV, TRI SAMBODO (2021) MANAJEMEN KINERJA GURU BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DI SMPN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus'.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Budaya religius yang dikembangkan di SMP Negeri 7 Bandar Lampung berkaitan dengan unsur-unsur moral dan aqidah yang tidak dapat dipisahkan antara iman, islam, dan ihsan. Budaya ini berkembang melalui kegiatan sholat jum’at dan sholat dzuhur berjamaah, pembiasaan membaca Al-Qur’an, melakukan peringatan hari besar islam dan kegiatan keagamaan. Selanjutnya tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan juga dampak budaya religius dilingkungan sekolah. Sedangkan manajemen kinerja guru berbasis budaya religius meliputi : manajemen perencanaan, kepala sekolah mengajak guru agar dapat mengaplikasikan amalan budaya religius yang sepele tetapi mempunyai arti yang besar. Manajemen pelaksanaan dalam hal ini kepala sekolah mengajak para wakil kepala sekolah untuk bekerja sama melaksanakan semua kegiatan keagamaan disekolah. Pada tahap ini kepala sekolah membimbing para guru untuk melakukan dua hal yaitu, pembiasaan dan kedua pemberi keteladanan. Manajemen evaluasi, menggunakan dua langkah pertama partisipasi langsung kedua pemberian motivasi. Selanjutnya penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan narasumber penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan beberapa langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Sedangkan uji keabsahaan dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan yang teliti. Adapun faktor pendukung adanya, kerja sama antara kepala sekolah dengan guru yang menjadi pendukung dalam membudayakan nilai-nilai religius islam, banyak siswa yang ikut kedalam kegiatan budaya religius islam dan adanya fasilitas memadai yaitu masjid. Sedangkan faktor penghambat yaitu sebagian kecil siswa yang beragama selain islam kurang setuju terhadap pelaksanaan kegiatan keagamaan. Hal ini dikarenakan hanya agama islam saja yang didukung kegiatan keagamaan sedangkan agama selain islam kurang mendapat perhatian mengingat sekolah ini berjenis sekolah negeri umum. Kata kunci : Manajemen, Kinerja Guru, Budaya Religius

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2021 04:02
Last Modified: 07 May 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14212

Actions (login required)

View Item View Item