BIMBINGAN PERNIKAHAN ISLAM DALAM MENGATASI MISKOMUNIKASI SUAMI ISTRI DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

RE OKTA, FAJAR (2021) BIMBINGAN PERNIKAHAN ISLAM DALAM MENGATASI MISKOMUNIKASI SUAMI ISTRI DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RE OKTA FAJAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan pernikahan ini merupakan salah satu solusi dan kebutuhan bagi calon pengantin untuk mengurangi terjadinya krisis perkawinan yang berakhir pada perceraian. Pihak calon mempelai dapat mendapatkan bimbingan pernikahan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ketapang. Pihak KUA merasa perlu untuk mengadakan bimbingan pernikahan bagi calon pengantin selain diharapkan dapat mengurangi angka perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) juga dapat memberikan pengetahuan kepada calon pengantin halhal yang perlu diketahui sebelum menuju berkeluarga sehingga nantinya pasangan calon pengantin akan dapat membangun keluarga bahagia yang sakinah, mawaddah, warohmah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan pernikahan Islam dalam mengatasi miskomunikasi suami istri di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Jenis penelitian lapangan (field research).Teknik sampel yang penulis gunakan yaitu teknik non rondom. Jenis sampel yang penulis gunakan yaitu purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelian ini jumlahnya sebanyak 62 orang yang mengikuti bimbingan. Sampel yang digunakan adalah 4 orang berasal dari pihak KUA yakni Kepala KUA Kecamatan Ketapang sebagai pembimbing/narsumber dan 1 calon pasangan suami istri dalam kegiatan bimbingan pernikahan, maka sampel yang digunkan berjumlah 5 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan data tersebut menganalisis menggunakan metode berfikir induktif. Temuan peneltian ini bahwa pelaksanaan bimbingan pernikahan telah dilakukan dengan tatap muka langsung antara calon pasangan suami istri dengan pembimbing dilakukan di Balai Nikah KUA Kecamatan Ketapang dengan membahas materi-materi mengenai pernikahan dan kehidupan rumah tangga seperti membahas mengenai tujuan pernikahan, hak kewajiban suami istri dan cara menyelesaikan masalah-masalah dalam rumah tangga, membantu individu memahami cara-cara membina kehidupan berkeluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah menurut ajaran islam dan pengetahuan agama. Kesimpulannya adalah bimbingan pernikahan dilakukan untuk mencegah terjadinya miskomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2021 04:00
Last Modified: 07 May 2021 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item View Item