IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP DAMPAK MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII M SMPN 11 BANDAR LAMPUNG TA. 2016/2017

Wulandari, Putri (2017) IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP DAMPAK MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII M SMPN 11 BANDAR LAMPUNG TA. 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Wulandari,_Putri.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses memajukan mutu pada sebuah sekolah, kedisiplinan dalam belajar merupakan salah satu yang paling penting. Peningkatan dalam minat belajar pada peserta didik SMPN 11 Bandar Lampung masih rendah. JK adalah peserta didik yang tercatat sering tidak memiliki keinginan untuk belajar saat KBM berlangsung seperti: bermain dikelas, mengobrol dengan teman sebangku saat KBM berlangsung, jarang mengerjakan PR, sangat malas belajar. Peserta didik tersebut dibimbing oleh guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan minat belajar pada peserta didik dengan menggunakan prosedur konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik dan untuk mengetahui pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terhadap dampak minta belajar peserta didik di SMPN 11 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah Single Case Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 1 peserta didik kelas VIII M di SMPN 11 Bandar Lampung yang memiliki minat belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: guru perlu membangkitkan minat peserta didik agar pelajaran yang diberikan mudah dipahami oleh peserta didik. Untuk itu guru harus bisa memanfaatkan minat belajar siswa dengan menyediakan kondisi yang mendukungnya. Dengan cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan diantaranya dengan menggunakan metode bervariasi, optimalisasi media pembelajaran serta memberi reward dan punishment serta selalu memberikan motivasi kepada peserta didik. Pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terhadap dampak minat belajar pada peserta didik yang dilakukan oleh guru BK SMPN 11 Bandar Lampung dapat di katakan efektif dalam rangka membina, mengembangkan dan meningkatkan minat belaja pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 Sep 2017 06:23
Last Modified: 25 Sep 2017 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item View Item